Bupati Bangka Hadiri Panen Bawang Merah di Desa Labu Puding Besar

WARTABANGKA, PUDINGBESAR– Pemerintah Kabupaten Bangka melakukan panen perdana bawang merah varietas bima brebes di Desa Labu, Kecamatan Puding Besar, Rabu (17/2).

Bupati Bangka, Mulkan menjelaskan, budidaya bawang sangat asing di Kabupaten Bangka. Bahkan, sebagian kecil masyarakat yang percaya jika tanaman bawang ini bisa hidup.

“Alhamdulillah berkat ketekunan dan kerjasama semua pihak, kita bisa panen perdana bawang merah ini,” kata Mulkan.

Mulkan menceritakan, niat menanam bawang adalah sebagai salah satu bentuk pemulihan ekonomi. Dipilihnya bawang lantaran komuditas ini lebih cepat masa panen.

“Hanya dengan 60 hari sudah panen. Ini juga sebagai bentuk proses pemulihan ekonomi bagi masyarakat secara cepat,” ujarnya.

Kepala Dinas Pangan dan Pertanian Bangka Elius Gani menambahkan, panen bawang yang dilakukan adalah varietas Bima Brebes. “Ini kita mulai dari umbi. Nanti yang dari biji juga akan kita kembangkan,” kata Elius.

Disampaikannya, panen bawang ini adalah panen bawang bantuan dana DID tahun 2020 oleh Kelompok Tani Indo Tani Desa Labu. Elius berharap, ini bisa meningkatkan ekonomi berkelanjutan.

“Ini adalah tahap pertama. Nanti akan terus dikembangkan. Hari ini kita panen di lahan 0,375 hektare,” ucapnya.

Elius tak memungkiri jika petani sangat awam dalam menanam bawang merah. Namun berkat pendampingan dan kerjasama semua pihak, panen bisa dilakukan.(*/zen)

loading...

About nath

Check Also

Kapolres Bangka Tengah Jadi Korban Hacker, Akun WhatsApp Sempat Diretas

WARTABANGKA, KOBA – Akun WhatsApp (WA) milik Kapolres Bangka Tengah, AKBP Slamet Ady Purnomo sempat dibajak …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *