Bupati Bangka Resmikan Pabrik Sawit PT MAS

WARTABANGKA, PUDINGBESAR – Pabrik sawit PT Mitra Agro Sembada (MAS) yang berada di Desa Labu, Kecamatan Puding Besar, Kabupaten Bangka diresmikan hari ini (5/3) oleh Bupati Bangka Mulkan.

Berdirinya pabrik dikatakan Mulkan akan mendorong perekonomian masyarakat Kabupaten Bangka. Hal ini lantaran selain mampu menyerap tenaga kerja juga mampu membeli sawit dari para petani.

“Semua TBS di masyarakat bisa dibeli. Selain bisa memberi dorongan pertumbuhan ekonomi,” kata Mulkan.

Menurut dia, angka kemiskinan dan pengangguran juga akan menurun. Disamping pemberian CSR yang merupakan kewajiban daripada perusahaan kepada masyarakat.

“Kita Pemkab Bangka juga akan dan terus memberi kepastian hukum bagi siapa saja yang ingin berinvestasi. Baik tempat dan lainnya. PT MAS ini masyarakat sudah welcome. Tujuh kades juga sudah setuju,” kata dia.

Direktur Utama PT MAS, Anen Chandra Tjen mengatakan pihaknya sudah bekerjasama dengan Bumdes, Gapoktan setempat untuk menerima tandan buah sawit (TBS) masyarakat ataupun petani yang nantinya dikirimkan ke pabrik PT MAS.

Dikatakannya, pihaknya bersama pemerintah daerah akan mewujudkan perekonomian yang berdaya saing dan berkelanjutan. “Sehingga kedepan dapat bersinergi mensukseskan pembangunan di Kabupaten Bangka ini,” ujarnya.

Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Babel, Juaidi mengatakan pabrik baru PT MAS ini tidak memiliki kebun inti. Dan ini menjadi bagian penting untuk menjawab permasalahan yang dihadapi petani mandiri.

“Nah dengan adanya pabrik baru inilah, pihak petani tidak perlu khawatir lagi akan penjualan hasil panen kebunnya, karena pabrik baru PT MAS ini akan menampungnya,” katanya.(Zen)

loading...

Check Also

PT Timah Serahkan Bantuan Seperangkat Alat Musik bagi Komunitas Musik Ethnic

WARTABANGKA, BANGKA – Alunan musik melayu menggema saat memasuki kawasan Qping Cafe Belinyu, Kamis (14/10). …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *