Bupati Bangka Serahkan Sertifikat Tanah ke Masyarakat

WARTABANGKA, SUNGAILIAT – Bupati Bangka, Mulkan, S.H M.H menyerahkan sertifikat tanah kepada sejumlah masyarakat penerima manfaat. Didampingi oleh Kepala BPN Kabupaten Bangka dan Kepala Desa (Kades) Air Ruai, prosesi penyerahan dilangsungkan di Rumah Dinas Bupati Bangka, Senin (9/11).

Mulkan dalam arahannya menyampaikan, sertifikat merupakan bukti keabsahan kepemilikan tanah yang berkekuatan hukum. Menurutnya, melalui program tersebut dapat meminimalisirkan konflik persengketaan yang marak terjadi di masyarakat.

Tak hanya itu saja, menurut dia, kepemilikan sertifikat dapat menuai manfaat seperti mengembangkan modal guna memajukan tempat usaha sehingga meningkatkan arus pertumbuhan ekonomi di daerah.

“Persengketaan dapat dihindari melalui sertifikat tanah ini. Dengan adanya sertifikat ini masyarakat di pedesaan tentu merasa terbantu, terutama dalam peningkatan modal usaha mereka,” imbuh Mulkan.

Lebih lanjut dirinya menyampaikan rasa terimakasih kepada pihak BPN Kabupaten Bangka yang telah mempermudah proses penyelesaian sertifikat dan Pemerintah Desa Air Ruai atas sumbangsihnya.

“Kami berterimakasih kepada Kades yang telah memfasilitasi program PTSL ini, kami juga mengucapkan terimakasih kepada BPN yang telah membantu penyelesaian sertifikat ini,” tutur Mulkan.

Untuk itu Mulkan berharap masyarakat penerimaan manfaat dapat memanfatkan dengan bijak sertifikat yang didapatkan.

Sementara itu, Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Bangka, Alexander Pakpahan, menginformasikan sertifikat yang dibagikan tersebut disalurkan melalui program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL).

“Jadi sertifikat yang dibagi kepada masyarakat Bangka ini, dihasilkan melalui program PTSL,” katanya.

Alexander menambahkan bahwa melalui capaian yang ditargetkan sebelumnya 4.000 sertifikat, kesemuanya sudah diselesaikan.

“Target kita tahun ini 4.000 sertifikat, sudah kita selesaikan semua. Pada kesempatan ini kita bagikan secara simbolis 40 sertifikat, yakni 25 di Provinsi dan 15 sertifikat di Kabupaten Bangka yang disampaikan Bupati Bangka,” pungkasnya.(ADV/ZEN)

loading...

About nath

Check Also

Empat Orang di Bangka Barat Batal Divaksin Covid-19, Ini Penyebabnya

WARTABANGKA, MUNTOK – Unsur Forkopimda Bangka Barat dan tokoh agama dijadwalkan disuntik vaksin Sinovac pada …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *