Bupati dan Wabup Bangka Panen Padi di Lahan Eks Tambang

WARTABANGKA, SUNGAILIAT – Bupati Bangka, Mulkan, S.H M.H dan Wakil Bupati (Wabup) Bangka, Syahbudin, SIP melakukan panen padi sawah di lahan bekas (eks) tambang, Kamis (1/10).

Diketahui, lahan eks tambang yang dikelola oleh Gapoktan Mekar Saja tersebut berada di Kelurahan Sinar Jaya Jelutung, Kecamatan Sungailiat memiliki riwayat panen terakhir mencapai 5,1 Ton per hektare.

Bupati Bangka, Mulkan dalam sambutannya memberi apresiasi terhadap pengelola. Menurutnya, bahwa hal ini menjadi pendukung inovasi Abang Timah untuk Bu Disa (Lahan Bekas Tambang Timah untuk Budidaya Padi Sawah) bagi Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bangka.

“Seperti kita tahu, kita sudah action dan ini merupakan inovasi kita, dalam hal ini Pemerintah Daerah siap mendukung,” imbuh Mulkan.

Ditambahkan Mulkan, sebagai bentuk dukungan secara konkret dari Pemda, dirinya menginginkan melalui Dinas terkait dapat memberi bantuan dan juga pembinaan yang optimal.

“Saya ingin ada bantuan pembinaan dari Pemda, bukan bantuan lepas. Kita dukung full untuk hal ini agar beban masyarakat semakin ringan,” pungkas Mulkan.

Sementara itu, Wakil Bupati Bangka, Syahbudin optimis lahan eks tambang tersebut akan memberi prospek lebih baik lagi ke depan. “Lahan eks tambang ini akan bisa memberi prospek kedepan kalau bisa dikelola dengan baik,” tutur Syahbudin.

Lebih lanjut ditambahkan Syahbudin, upaya yang akan ditempuh salah satunya yakni meningkatkan unsur hara lahan eks tambang tersebut. “Harapannya kedepan agar unsur hara bisa lebih kita tingkatkan,” pungkasnya.(ADV/ZEN)

loading...

About nath

Check Also

Enam Pramugara Pikul Peti Jenazah Yulian Andika Korban Sriwijaya SJ 182

WARTABANGKA, PANGKALPINANG — Enam pramugara Sriwijaya Air, memikul peti jenazah almarhum Yulian Andika, pramugara Sriwijaya …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *