Calon Bupati Ibnu Saleh Meninggal, Ketua KPU Bangka Tengah: Sesuai Aturan Bisa Diganti

WARTABANGKA, PANGKALPINANG – Bupati Bangka Tengah, Ibnu Saleh yang juga calon petahana meninggal dunia, Minggu (4/10) pukul 03.17 Wib di RSBT Pangkalpinang. Almarhum meninggal dalam kondisi mengidap Corona Virus Disease (Covid-19).

Di Pilkada Serentak 2020, Ibnu Saleh diketahui berpasangan dengan Hery Erfian. Lalu bagaimana aturannya jika ada calon yang berhalangan tetap atau meninggal dunia?. Menurut Ketua KPU Bangka Tengah, Rusdi, partai politik (parpol) koalisi dapat menggantikan nama Ibnu Saleh dengan calon lain.

Baca juga: Bupati Bateng Meninggal Dunia, Gubernur Ajak Masyarakat Salat Gaib

“Minimal 30 hari sebelum pemungutan suara, jika salah satu pasangan calon bupati dan wakil mengalami sakit permanen berdasarkan keterangan dokter, tersangkut pidana setelah putusan pengadilan dan berhalangan tetap atau meninggal dunia wajib digantikan dengan calon lainnya,” kata Rusdi, Minggu (4/10).

Menurut dia, hal demikian telah diatur dalam PKPU nomor 3 tahun 2017 tentang Pencalonan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, dan/atau Walikota dan Wakil Wali Kota.

Baca juga: Keluarga Minta Masyarakat Ikhlaskan Kepulangan Almarhum Ibnu Saleh

Di pasal 82 menyebutkan penggantian calon yang diusung partai politik atau gabungan partai politik karena berhalangan tetap atau dijatuhi pidana berdasarkan Putusan Pengadilan yang telah berkekuatan hukum tetap sebagaimana dimaksud dalam Pasal 78 ayat (1)huruf b dan huruf dapat mengajukan calon pengganti paling lama 7 (tujuh) hari sejak calon atau Pasangan Calon dinyatakan berhalangan tetap, atau sejak pembacaan putusan pengadilan yang telah berkekuatan hukum tetap.

“Kita simpulkan harus diganti, kecuali sudah 29 hari sebelum pemungutan suara terjadi hal ini,” ungkapnya.

Baca juga: Ibnu Saleh Berpulang, Bangka Tengah Kehilangan Pemimpin Bersahaja

Menurut Rusdi, terkait hal ini, KPU Bangka Tengah akan menyurati partai koalisi pasangan H Ibnu Saleh – Herry Erfian. Pihaknya memberitahukan selama 7 hari akan menunggu nama pengganti salah satu pasangan calon Bupati Bateng tersebut.

“Tiga hari setelah itu, berkas pencalonan bupati dan wakil bupati Bangka Tengah akan diteliti. Usai penelitian, calon pengganti tersebut akan mengikuti serangkaian tes kesehatan dan segera diumumkan sesuai prosedur,” ulasnya. (*/RN)

loading...

Check Also

Tingkatkan Kesejahteraan Nelayan, Pemkab Bangka Serahkan Bantuan 5 Unit Kapal

WARTABANGKA, SUNGAILIAT – Pemerintah Kabupaten Bangka menyerahkan lima unit kapal bagi kelompok nelayan yang berlangsung …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *