Cegah Covid-19, Markus Harap Pengawasan di Pelabuhan Tanjung Api-Api Diperketat

WARTABANGKA, MUNTOK – Pemerintah Kabupaten Bangka Barat (Babar) melakukan rapat kordinasi dengan Tim Satgas Penanganan Covid-19 Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dan Provinsi Sumatera Selatan di OR I Setda Babar, Selasa (15/9). Rapat membahas terkait akses keluar masuk provinsi melalui jalur penyeberangan kapal dari pelabuhan Tanjung Kalian ke Pelabuhan Tanjung Api Api.

Rapat dihadiri oleh Bupati Bangka Barat, Markus, Pj. Sekda Babar, Hartono, Kepala Dinas Perhubungan Babel, Tajuddin, Sekretaris GTPPC-19 Babar, Sidarta Gautama, GM ASDP Cabang Pelabuhan Tanjung Kalian, Rudy B. Hanafiah, perwakilan Dinas Perhubungan Provinsi Sumatera Selatan, KKP Sumsel dan tamu lainnya.

Menurut Bupati Babar, Markus, sekarang ini kondisi Covid-19 sedang meningkat. Maka dari itu, perlu kewaspadaan karena Pelabuhan Tanjung Kalian sebagai salah satu pintu gerbang untuk masuk ke Pulau Bangka.

Pihaknya, kata Markus, tim GTPPC-19 dan Satuan Angkatan laut begitu bekerja keras untuk mencegah dan mengawasi supaya daerah Bangka Barat ini tetap zona hijau.

“Awalnya kami diragukan karena Kota Muntok ini paling dekat dengan Palembang katanya. Tapi kita bisa membuktikan dengan berkat Tuhan Yang Maha Kuasa, selalu saya katakan ini Tuhan begitu baik untuk Bangka Barat sehingga kita bisa bertahan di zona hijau,” kata Markus dalam rapat tersebut.

Apalagi, saat ini, kata dia, Kabupaten Bangka Barat telah mendapatkan Dana Insentif Daerah (DID) sebanyak dua kali dari pemerintah pusat yakni Rp 11,9 miliar dan Rp 11,2 miliar karena telah berhasil mempertahankan zona hijau.

Untuk itu, ia berharap kepada Dinas Perhubungan Provinsi Sumsel yang membawahi Pelabuhan Tanjung Api Api untuk sama-sama memperketat dan mengcroscheck data-data penumpang yang akan menyebrang layaknya pelabuhan Tanjung Kalian di Muntok, Bangka Barat.

“Karena kalau kita tidak ketat dalam pengawasan, ini akan membahayakan kita bersama karena kita tahu siapapun mau dua daerah tentunya sama-sama saling menjaga baik yang dari sini kita jaga demikian baiknya dan kita jaga berkasnya dengan sedemikian baik begitu juga dari Sumsel harapan kita juga sama,” jelas Markus.

“Sehingga menjalin kerja sama yang baik di antara dua pemerintah daerah dengan pertemuan hari ini. Saya sangat senang sehingga kita bisa menyamakan persepsi , bagaimana kita bersama-sama untuk melawan covid-19 ini dengan menjaga pintu gerbang Pulau Bangka maupun Sumsel ini harapan kita,” sambung Markus. (*/IBB )

loading...

About nath

Check Also

Gubernur Babel Ajak Paslon dan Penyelenggara Pilkada Laksanakan Prokes Covid-19

WARTABANGKA, PANGKALPINANG- Sebanyak 11 pasangan calon (paslon) bupati dan wakil bupati peserta Pilkada 2020 di …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *