Cegah Klaster Perkantoran, Pemprov Babel Wajibkan ASN dan Honorer Jalani Tes Antigen

WARTABANGKA, PANGKALPINANG – Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Pemprov Babel) meminta kepada kepala perangkat daerah agar memerintahkan seluruh pegawai pada OPD masing-masing untuk melakukan tes rapid antigen.

Hasil test itu nantinya disampaikan kepada gubernur dan sekretaris daerah (sekda) serta ditembuskan kepada kepala BKPSDM, kepala dinas kesehatan, dan kepala harian BPBD Babel.

Pernyataan tersebut tercantum dalam Surat Edaran Nomor : 800/3116/BKPSDM/2020 yang ditandatangani oleh Sekda Babel tertanggal 28 Desember.

“Sesuai arahan Pak Gubernur bahwa para PNS dan honorer harus menjaga kesehatan masing-masing dalam rangka menghindari pandemi Covid-19. Jadi pemerintah provinsi akan melakukan swab, rapid antigen kepada para PNS dan honorer di lingkungan pemprov, swab akan dilakukan di Labkesda,” kata Sekda Babel, Naziarto kepada wartawan di ruang kerjanya, Selasa (29/12).

Lebih lanjut, sekda juga akan membuat surat pemberitahuan kepada para ASN dan honorer terkait pemeriksaan kesehatan ke Labkesda Provinsi Babel. Kebijakan ini diambil sebagai antisipasi untuk menghindari timbulnya klaster perkantoran.

“Sekarang kita menyiapkan surat pemberitahuan tersebut kepada para PNS dan honorer kita disini untuk segera melakukan itu kalau merasa dirinya tidak enak badan dan lain-lainnya untuk segera periksa ke Labkesda,” ujarnya.

Selain itu, sekda menambahkan, kebijakan ini juga bertujuan untuk menghilangkan rasa ketakutan dari ASN dan honorer itu sendiri pada saat berada di lingkungan atau tempat kerja.

“Kemudian untuk menghilangkan rasa ketakutan mereka dalam bekerja, antar satu ASN dengan ASN lainnya, jadi kita lakukan itu, dan ini segera akan kita lakukan, mungkin awal Januari 2021 sudah kita terapkan,” tandasnya. (DEI)

loading...

About nath

Check Also

Satu Pasien Positif Covid-19 Asal Muntok Meninggal Dunia

foto:vecteezy.com WARTABANGKA, MUNTOK – Satu pasien positif Covid-19 asal Muntok, Kabupaten Bangka Barat yakni Tuan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *