Desa Trubus Wakili Bangka Tengah Ikuti Lomba PHBS Babel, Algafry “Ngulon” Warga Gotong Royong

WARTABANGKA.COM, LUBUKBESAR – Bupati Bangka Tengah, Algafry Rahman melakukan kegiatan gotong royong di Desa Trubus Kecamatan Lubuk besar yang mewakili Kabupaten Bangka Tengah mengikuti penilaian lomba Prilaku Hidup Bersih Sehat (PHBS) tingkat Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Tidak sendirian, Algafry bersama Ketua TP PKK Bangka Tengah, dr. Eva Algafry juga mengajak aparatur Pemerintahan Kabupaten Bangka Tengah dan juga warga sekitar membersihkan sampah, drainase dan memotong rerumputan yang meninggi di bahu jalan.

“Desa Trubus ini mewakili kita mengikuti penilaian lomba PHBS tingkat Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Gotong royong ini adalah persiapan kita sebelum dinilai oleh tim penilai dalam waktu dekat. Ada 7 indikator yang dinilai, salah satunya prilaku hidup sehat keseharian warga,” kata Algafry, Jum’at (20/8).

Algafry juga mengapresiasi TP PKK Bangka Tengah bersama Pemerintahan Desa Trubus yang selalu mengajak warganya melaksanakan PHBS tingkat Keluarga hingga lingkungan masyarakat cakupan luas.

“Kami melihat masyarakat Desa Trubus sudah mengedepankan kebersihan di kehidupan sehari hari, sebagai ujung tombak hidup yang sehat. Mudah-mudahan masyarakat Trubus mempertahankan pola kehidupan sehari-harinya sperti sekarang. Kita sebagai pemimpin akan ngulon atau mengajak mereka untuk terus seperti ini,” ujar Algary.

Algafry juga akan meminta dinas terkait untuk selalu membina kelompok kelompok masyarakat sebagai penggerak PHBS, salah satunya ibu-ibu PKK, Dasawisma, Karang Taruna dan lainnya.

“Semoga apa yang kita lakukan ini berdampak positif terhadap pembangunan Daerah kedepan. Terimakasih kami ucapkan kepada warga yang berpartisipasi mengikuti gotong royong yang mendepankan protokol kesehatan penanggulan Covid-19 hari ini,” ulasnya.

Kades Trubus, Ngiat hiung berupaya semaksimalmungkin mengajak warganya terus menjaga kebersihan lingkungan. Iapun akan meminta ketua RT, Kadus berperan aktif melihat kondisi di wilayahnya masing-masing.

“Kalau rumput di bahu jalan tumbuh tinggi, segeralah di potong atau semprot menggunakan racun rumput. Begitupun tempat cuci tangan, di tengah pandemi Covid-19 kita mengajak warga menyiapkan tempat cuci tangan di depan rumah masing-masing atau menyesuaikan dengan kondisi rumah. Hal ini dilakukan, sebagai upaya menganggulangi penyebaran Covid-19,” kata Ngiat hiung.

Terkait lomba PHBS tingkat Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, ia juga berupaya sebaik mungkin hingga Trubus menjadi juara umum.
“Dengan tingginya kesadaran masyarakat Desa Trubus akan kebersihan, kita berharap menjadi juara hingga mengharumkan nama Bumi Selawang Segantang,” pungkasnya.

Pantauan awak media, Algafry Rahman bersama istrinya pagi hari jum’at itu melaksanakan jalan sehat. Kemudian membersihkan sampah, mengunjungi tanaman Holtikultura kelompok tani wanita, membuat pupuk kompos hingga ta tamah ke masyarakat. (RN)

loading...

Check Also

Tahun 2022, Babel Peroleh Dana Desa Rp274,4 Miliar

WARTABANGKA, PANGKALPINANG -Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) pada tahun 2022 menerima dana desa sebesar Rp274.419.601.000,00. …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *