Di-PHK, Karyawan RS Bhakti Wara Protes Pesangon Tak Sesuai

WARTABANGKA, PANGKALPINANG – Sejumlah karyawan Rumah Sakit Katolik (RSK) Bhakti Wara yang di-PHK melakukan protes lantaran diberhentikan dengan pembayaran pesangon yang tidak sesuai. RSK Bhakti Wara diketahui melakukan PHK terhadap 40 karyawan, medis dan nonmedis.

Salah seorang karyawan yang di-PHK, Yasi Purwanto mengaku telah bekerja selama sembilan tahun dan mendapat surat pemberhentian dari rumah sakit dengan kesanggupan rumah sakit yang memberikan pesangon sekitar Rp7 juta lebih.

“Awalnya kami tak tahu, hanya menerima pemberitahuan untuk datang pada pertemuan 9 September hari ini, ternyata kami menerima surat pemberhentian, ” ujar Yasi saat berada di Wisma Aksi, Kace, Kabupaten Bangka, Kamis (9/9).

Dalam surat SK nomor 089/YBW/SK/IX/2020 tentang pemutusan hubungan kerja dengan hormat ini langsung ditandatangani oleh Ketua Yayasan Bhakti Wara, Ben Sorliam Nasiub.

“Sebagian ada yang menerima kebijakan rumah sakit, tapi saya tidak setuju. Karena secara aturan, pekerja diatas delapan tahun itu bisa menerima pesangon hingga abang bulan gaji,” tegasnya.

Ia mengaku, telah berkoordinasi dengan SPSI untuk langkah kedepan, agar persoalan ini menurutnya bisa diselesaikan.

“Kami mendengar bahwa kondisi rumah sakit memang tidak sehat sejak beberapa tahun belakangan, tetapi alasan mereka karena sepinya pasien dampak dari Corona ini, ” tukasnya.

Salah satu karyawan yang enggan disebutkan namanya mengaku hanya bisa pasrah menerima keputusan ini. Karena untuk menolak atau protes, ia pesimis akan berhasil.

“Apalah daya kami, hanya pekerja, tidak akan menang melawan perusahaan. Mau tidak mau, kami harus menerima, ” ujarnya seraya meneteskan air mata.

Kebanyakan karyawan yang diberhentikan adalah perempuan, mereka menangis ketika mengetahui diberhentikan.

Beberapa dari 37 karyawan yang hadir dari 40 orang yang diberhentikan ini, ada yang tidak mau menyetujui dan menandatangani pesangon yang diberikan rumah sakit. (*/two)

loading...

Check Also

Haji Sukirman Lantik 39 Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama, Administrator dan Pengawas

WARTABANGKA, MUNTOK – Sebanyak 39 orang pejabat Pimpinan Tinggi Pratama, Administrator dan Pengawas di lingkungan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *