Dinas Koperasi UMKM Babel Usul 32.090 Data Penerima BPUM

WARTABANGKA, PANGKALPINANG– Pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) akan menerima Bantuan Presiden atau Banpres Produktif Usaha Mikro (BPUM), Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Bangka Belitung (Babel) pun telah telah mendata UMKM untuk menerima bantuan ini.

“Calon penerima BPUM di Babel terdata sebanyak total 32.090., sampai hari ini data terus masuk,” kata Kepala DKUMKM Babel, Elfiyena kepada wartawan, Selasa (1/9).

Pihaknya, kata dia, akan terus menyampaikan data terbaru ke kementerian, hingga batas akhir Minggu kedua September 2020.

Ia merinci, data tersebut yakni di Pangkalpinang 3.838, Bangka 678 Bangka tengah 6153, Bangka Selatan 2.182, Bangka Barat 12.216, Belitung 2601, Belitung Timur 4422.

“Kami hanya menyampaikan data, yang berhak menentukan diterima atau tidak itu di kementerian, mudah-mudahan banyak pelaku UMKM di Babel yang mendapat stimulus ini,” ujar Elfi.

Ia menjelaskan, sebagai salah satu upaya Pemerintah dalam melakukan stimulus Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN), BPUM memiliki kriteria yang wajib dipenuhi sebelum dana hibah sebesar Rp. 2,4 juta per PUM disalurkan.

“Bantuan ini diharapkan bisa membantu pelaku UMKM untuk tetap eksis dan bertahan di tengah pandemi,” harapnya.

Ia tak menampik, jika UMKM paling banyak terdampak Corona ini, namun agar tetap bisa bangkit dan berupaya, Pemerintah mengucurkan stimulus tersebut.

Ada syarat-syarat yang harus dipenuhi calon penerima, sebagaimana tertulis dalam Peraturan Menteri Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Nomor 6 Tahun 2020,

Syarat tersebut adalah pertama, Warga Negara Indonesia (WNI) dan memiliki Nomor Induk Kependudukan (NIK). Kedua, memiliki usaha mikro yang dibuktikan dengan surat usulan calon penerima BPUM dari pengusul BPUM.

Ketiga, bukan Aparatur Sipil Negara, Anggota Tentara Nasional Indonesia, Anggota Kepolisian Negara Republik Indonesia, Pegawai BUMN atau BUMD (termasuk suami/istri). Keempat, tidak sedang menerima kredit atau pembiayaan dari perbankan (termasuk suami/istri).(*/two)

loading...

About nath

Check Also

Mudahkan Masyarakat Belanja Produk UMKM, DKUKM Babel Gelar Pameran Virtual

WARTABANGKA.COM, RIAUSILIP – Dinas Koperasi dan UKM (DKUKM) menyelenggarakan pameran virtual produk UMKM Babel, yang …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *