Dinilai Ekonomis, Pohon Kayu Putih Cocok Ditanam di Lahan Eks Tambang

WARTABANGKA, PANGKALPINANG – Komisi II DPRD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) melakukan kunjungan kerja ke Balai Penelitian, Pengembangan dan Inovasi Lingkungan Hidup dan Kehutanan (Litbang LHK) Palembang, Provinsi Sumatera Selatan, Rabu (2/9). Sejumlah persoalan dibahas dalam kunker tersebut diantaranya pemanfaatan lahan eks tambang.

Ketua Komisi II DPRD Babel, Adet Mastur menyampaikan upaya reklamasi penanaman bibit pohon yang selama ini dilakukan di wilayah eks tambang terkadang sia-sia. Alasannya, jenis bibit yang ditanam kurang sesuai dengan kultur tanah yang ada di Babel.

“Untuk melakukan reklamasi yang cocok untuk eks penambangan timah, ada beberapa jenis tanaman seperti sengon, akasia serta gelam atau kayu putih. Dan secara ekonomis adalah kayu putih. Kami berharap, ke depan pada tahun anggaran 2021, Dinas Kehutanan harus membuat program pengadaan bibit dan penanaman kayu putih di eks penambangan. Jangan sampai melakukan reklamasi, tapi tidak cocok dengan kultur tanah kita, itu yang harus kita lakukan di tahun 2021,” ujar Adet.

Politisi PDI Perjuangan itu menambahkan, program penanaman bibit tersebut, tentunya tidak hanya dilakukan oleh dinas kehutanan saja, namun juga mitra-mitra pemerintah yang bergerak di bidang pertambangan. Baik itu PT Timah, maupun pemegang-pemegang izin usaha pertambangan (IUP) saat melakukan reklamasi.

“Kami berharap, tanaman yang ditanam yang mengandung nilai ekonomis. selama ini, eks tambang yang sudah dilakukan reklamasi tidak ada manfaat dan tidak ada nilai ekonomis. Maka dari itu kita berharap, daerah-daerah yang direklamasi harus mempunyai nilai ekonomis. Jadi masyarakat bisa menikmati, unsur tanah juga sudah bisa kembali. Seperti kayu putih, kan bisa dijual. Dari paparan tadi, per liter harganya sangat lumayan bisa mencapai 400 ribu rupiah,” jelasnya.

“Kedepan kita berharap, dinas kehutanan maupun pemegang-pemegang IUP melakukan reklamasi yang mempunyai nilai ekonomis,” harapnya. (*/)

loading...

About nath

Check Also

Plt Ketua DPRD Babel Ajak Masyarakat Dukung Vaksinasi Covid-19

WARTABANGKA, PANGKALPINANG – Plt Ketua DPRD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Amri Cahyadi ikut disuntik …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *