Disdik Babel Cabut Surat Edaran Wajib Baca Buku Muhammad Al-Fatih

WARTABANGKA, PANGKALPINANG- Dinas Pendidikan Pemprov Bangka Belitung (Babel), membatalkan surat edaran nomor 420/1109.f/DISDIK/ tertanggal 30 September, tentang kewajiban siswa SMA dan SMK membaca buku Muhammad Al-Fatih, karya Felix Siauw, karena mengundang polemik di masyarakat.

“Kami telah mengeluarkan surat nomor 420/1112.a/DISDIK tentang pembatalan kewajiban membaca buku itu, ” kata Kadisdik Babel, M. Soleh, Jumat (2/10).

Dia menjelaskan, awalnya, kewajiban membaca buku Muhammad Al-Fatih ini, karena isi buku berkenaan dengan perjuangan seorang pemuda gagah berani, Muhammad Al-Fatih dalam menaklukkan Konstantinopel, pada tahun 1453 yang mengakhiri riwayat¬†Kekaisaran Romawi Timur, menjadikannya mendapat julukan ‘Sang Penakluk’ (el-Fatih).

Ia melihat, Muhammad Al-Fatih ini adalah sosok yang bisa dijadikan tauladan bagi pelajar, karena isi buku itu berkenaan dengan sejarah Islam, perjuangan, kegigihan, dan keberanian. Membaca buku, sebutnya, bagian dari peningkatan kompetensi siswa, terutama di bidang literasi. Untuk itu, pihaknya merekomendasikan membaca buku tersebut.

“Membaca itu merupakan bagian dari peningkatan kompetensi literasi, yang diukur asesmen kompetensi minimal, kemampuan literasi, numerasi untuk salah satunya kita berikan tentang sejarah perjuangan menaklukkan Konstantinopel,” sebutnya.

Disdik, diakui Soleh, tidak melihat si penulis buku tersebut, yang ternyata diindikasikan dari organisasi yang dilarang oleh pemerintah Indonesia.

“Kita tidak melihat pengarang buku termasuk organisasi masyarakat yang dilarang pemerintah, dengan ketidaktahuan itu, kami kemudian membatalkan edaran kemarin,” tegasnya.

Dengan dibatalkan edaran tersebut, Soleh mengaku akan mengganti bacaan siswa dengan buku yang lain. Dan pihaknya pun segera melakukan pembatalan setelah edaran tersebut meluas.

“Tanggal 30 September sore surat itu keluar, kemudian tanggal satu nya sudah kita batalkan, dan kami mohon maaf atas khilaf dan salah ini, kami berupaya akan kedepan lebih baik kedepannya, ” tukas Soleh. (*/two)

loading...

About nath

Check Also

Fasilitas Lengkap, Rumah Sakit Covid-19 Babel Mulai Beroperasi

WARTABANGKA.COM, MERAWANG – Rumah Sakit Infeksi dan Karantina Covid-19 RSUD Dr. (H.C) Ir. Soekarno, mulai …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *