DPD Kaji RUU Pinjaman Daerah, Wagub Babel: RUU Kepulauan Saja Belum Kelar

WARTABANGKA, PANGKALPINANG
Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Republik Indonesia Dapil Bangka Belitung (Babel), Darmansyah Husein mendengarkan masukan dan pendapat Pemprov Babel terkait penyusunan Rancangan Undang-undang (RUU) Pinjaman Daerah, Senin (20/4).

Darmansyah menyebutkan, untuk pembiayaan pembangunan daerah, suatu daerah bisa mendapatkan dengan pinjaman. Pinjaman ini, kata dia akan diatur lebih spesifik dengan Undang-undang yang khusus.

“Sebelum UU ini dibuat, kami perlu mendapatkan masukan dari pemerintah daerah memerlukan kajian akademis, ” kata Darmansyah, usai beraudiensi dengan Wagub Babel.

Ia menyebutkan, Pemda sependapat bahwa pembangunan jika mau lebih terpacu maju, memerlukan dana lain untuk mengejar momentum pertumbuhan, yang ter lkadang tidak sejalan dengan kemampuan keuangan pemda.

“Sedang persiapkan RUU pinjaman daerah pembangunan itu harus sampai ke daerah, tidak sama kemampuan dalam membangun, pemerintah lewat UU kami ingin ada aturan yang lebih spesifik dan detail agar tak menimbulkan salah penafsiran,” ulasnya.

Wagub Babel, Abdul Fatah menegaskam, belum mempelajari detail RUU pinjaman daerah ini, tetapi dengan adanya RUU ini membuka jalan dan peluang bagi pemda untuk meningkatkan pembangunan di daerah di tengah keterbatasan anggaran.

“Tadi saya katakan bahwa sekarang rancangan undang-undang Kepulauan saja belum kelar sudah muncul RUU pinjaman daerah, inikan baru didalami, kenapa? Apa negara sudah sulit? ” ujar Wagub mempertanyakan.

Ia menambahkan, RUU ini bisa saja mengatur tentang pinjaman daerah yang lebih spesifik. Pemprov Babel kata dia, merespon dengan mengadakan diskusi dan pembahasan bersama Inspektorat, Bappeda dan Bakuda.

“Harus ada pondasi yang kokoh dan utuh ekskutif legislatif, pinjaman ini harus direncanakan dengan matang, ” tambah dia.(two/*)

loading...

Check Also

DPRD Babel Setujui Raperda Pertanggungjawaban APBD 2020

WARTABANGKA.COM, PANGKALPINANG – Raperda Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) Tahun Anggaran 2020 …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *