DPRD Babel Segera Tindak Lanjuti RKUA PPAS 2021

WARTABANGKA, PANGKALPINANG – DPRD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) akan menindaklanjuti Rancangan Kebijakan Umum Anggaran dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (RKUA PPAS) 2021 yang disampaikan oleh Wakil Gubernur Babel dalam rapat paripurna DPRD Babel, Senin (28/9).

“Tindak lanjutnya, kita akan segera rapat badan musyawarah (banmus) untuk penjadwalan yang rencananya itu tanggal 30 September nanti, kemudian kita berharap dapat disetujui oleh banmus,” kata Wakil DPRD Babel, Amri Cahyadi usai rapat paripurna. 

Amri mengungkapkan, jadwal pembahasan RKUA PPAS 2021 ini akan dimulai pada awal Oktober mendatang. “Kalau misalnya butuh waktu yang lebih lama, mungkin dijadwalkan sekitar satu minggu, minimal tiga hari biasanya,” ujarnya.

Politikus PPP ini berharap, Badan Anggaran DPRD Babel fokus membahas RKUA PPAS 2021 ini. “Dan kami pimpinan bersepakat, tidak ada yang keluar daerah, kita juga sudah meminta Pak Gubernur dan Wakil Gubernur agar memerintahkan kepada seluruh Kepala SKPD standby di tanggal tersebut,” tuturnya.

Menurut dia, APBD tahun anggaran 2021 ini perlu dibahas secara komprehensif dan detail karena perlunya penetapan anggaran paska penanganan Covid-19 di tahun 2020.

“Kita sama-sama ketahui bahwasanya APBD provinsi terimbas akibat Covid-19 ini, khususnya dalam hal Pendapatan Asli Daerah (PAD) dan belanja transfer dari pusat,” ujarnya.

“Sektor yang sangat terimbas itu ya sektor pendapatan tadi karena aktivitas ekonomi menurun berimbas kepada penurunan pajak, bagi provinsi, pajak yang dominan adalah pajak kendaraan bermotor dengan menurunnya daya beli masyarakat terhadap kendaraan bermotor,” imbuhnya.

Untuk memasuki APBD 2021, Dia berharap, anggaran yang sudah ada betul-betul dapat lebih diefisienkan untuk menggerakan dua sektor yang mengacu pada Permendagri No. 64 tentang penyusunan APBD 2021 dan juga Perpres 1 tahun 2020.

“Bahwasanya pada tahun 2021, kita masih fokus pada dua hal, yakni dalam hal penanganan Covid-19 dan yang kedua, dalam hal pemulihan ekonomi, nah dalam hal penanganan Covid-19, Banggar betul-betul  mengkaji keperluan biaya anggaran yang perlu kita persiapkan untuk mengantisipasi kemungkinan lonjakan pasien Covid-19,” tandasnya. (*/DEI)

loading...

About nath

Check Also

11 Pejabat Daerah Kabupaten Bangka Disuntik Vaksin Covid-19

WARTABANGKA, SUNGAILIAT – Sebelas pejabat Kabupaten Bangka, Jumat (15/1) mulai disuntik vaksin Covid-19 tahap pertama. …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *