DPRD Dorong Kembalikan Sistem PPDB ke Standar Nilai

WARTABANGKA, PANGKALPINANG – DPRD Bangka Belitung (Babel) mendorong pemerintah pusat untuk mengembalikan sistem standar nilai di Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) di tahun ajaran mendatang.

Pasalnya, banyak catatan negatif atas pemberlakuan sistem PPDB yang mengacu pada tiga jalur zonasi, prestasi dan mutasi sehingga menyebabkan siswa yang dinilai berpotensi gagal masuk sekolah negeri yang diinginkan.

Seperti halnya disampaikan Wakil Ketua Komisi IV DPRD Babel, Dede Purnama Alzulami. Menurutnya, pemerintah pusat wajib mengkaji sistem PPDB tersebut.

“Di kota besar seperti Jakarta, sistem ini memang solusi. Tapi tidak untuk di Bangka Belitung,” sebutnya, Senin (23/8).

Ia pun menilai, sistem yang mengedepankan zonasi PPDB ini pun kurang menerapkan konsep berkeadilan dalam pendidikan. Pihaknya pun berencana akan menyurati DPR RI untuk ikut mengevaluasi sistem PPDB ini.

“Kita ingin sistem ini diubah,” kata pria yang akrab disapa Ustad Dede ini.

Jika pun masih menggunakan sistem ini, pihaknya mendorong Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan memberi persentase lebih bagi siswa berprestasi.

“Jangan hanya 15 persen untuk (jalur) prestasi. Itu pun masih dibagi lagi, 10 persen untuk prestasi di dalam zonasi, 5 persennya untuk prestasi di luar zonasi,” ungkapnya.

Dari keadaan itu, pihaknya menginginkan persentase jalur prestasi dapat diberikan porsi 60 persen, kebalikan dari jalur zonasi saat ini.

“Jalur zonasi 20 persen saja. Jadi saya kira, sistem ini harus dikaji ulang,” sebutnya.

Selain itu, menurut politisi PPP ini, sekolah negeri adalah fasilitas yang diberikan negara untuk sekolah, harusnya fasilitas itu diberikan secara adil.

“Bayangkan di SMP siswa ini sudah rajin, namun setelah lulus tidak bisa sekolah di negeri. Bisa bayangkan perasaan mereka Dinas tidak bisa disalahkan. Karena mereka menjalankan regulasi dari pemerintah pusat. Namun kita berharap ada solusi,” tutupnya. (*/ryu)

loading...

Check Also

Aturan Penerbangan dari dan ke Babel Diperlonggar, Ini Ketentuannya!

WARTABANGKA.COM, PANGKALPINANG – Merespon terbitnya Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) Nomor 54 Tahun 2021 tentang …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *