DPRD Minta Pemprov Babel Bangun Sekolah Baru untuk Atasi Masalah PPDB

WARTABANGKA, PANGKALPINANG – Wakil Ketua DPRD Babel, Amri Cahyadi meminta kepada pemerintah provinsi untuk membangun sekolah negeri baru. Menurut dia, pembangunan sekolah baru dapat mengatasi masalah zonasi yang muncul terkait Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB).

“Kita harapkan pemprov mempertimbangkan untuk membangun sekolah negeri baru. Tak hanya satu ya, melainkan ada di tiap wilayah atau kecamatan di Bangka Belitung,” kata Amri, Rabu (1/9).

Terkait hal ini, politisi PPP ini menyebutkan DPRD akan mengagendakan pertemuan khusus dengan Dinas Pendidikan Babel.

“Disamping itu, DPRD juga akan meminta Dinas Pendidikan Bangka Belitung dapat mengevaluasi pelaksanaan PPDB tahun ajaran baru kemarin. Ada aduan masyarakat perihal PPDB ini dimana tidak bisa menyekolahkan anaknya di sekolah negeri, “katanya.

Terpisah, Sekretaris Komisi IV DPRD Babel, Ranto Sendhu juga mendukung perihal pembangunan sekolah negeri baru di wilayah kabupaten. Hal ini kata dia, sangat beralasan mengingat ada daerah yang hanya memiliki satu SMA negeri.

“Di Kota Sungailiat misalnya hanya memiliki satu SMA negeri. SMAN 1 itu lah, dan satu-satunya di Sungailiat, sementara SMP-nya banyak. Ada enam, belum lagi SMP swasta. Makanya kami usul dibangun sekolah baru atau SMAN 2 Sungailiat,” katanya.

Seperti persoalan PPDB beberapa waktu lalu, kata dia, dengan banyaknya lulusan SMP tidak sebanding dengan jumlah SMA negeri.

“Kuota di SMA 1 Sungailiat hanya bisa menampung 288 siswa baru saja. Setiap tahun selalu ini yang menjadi persoalan. Pendaftar selalu membludak, karena memang banyak minatnya ke SMA negeri, sehingga banyak yang tidak tertampung,” jelasnya.

Ia menambahkan, usulan pembangunan SMAN 2 Sungailiat terus akan diupayakan untuk dibahas dalam anggaran tahun 2022.

“Kita perjuangkan di 2022. Bagaimana pun caranya akan kita bahas untuk dibangun guna mengatasi membludaknya PPDB di satu sekolah, karena ini alternatifnya. Jangan sampai ada anak yang tidak sekolah,” tandasnya. (*/ryu)

loading...

Check Also

Babel Provinsi Pertama Luncurkan Kurikulum Anti Narkoba untuk Pelajar SMA

WARTABANGKA, PANGKALPINANG – Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) menjadi provinsi pertama di Indonesia yang mengimplementasikan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *