Faktor Keuangan Jadi Alasan RS Bhakti Wara PHK 40 Karyawan

WARTABANGKA, PANGKALPINANG – Ketua Yayasan RSK Bhakti Wara, Ben Sorliam Nasiub menyebutkan faktor keuangan rumah sakit menjadi penyebab pihaknya melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) dengan hormat terhadap 40 karyawan RSK Bhakti Wara Pangkalpinang.

Pemecatan karyawan ini sesuai SK yang ditandatangani pihak yayasan dan rumah sakit nomor 089/YBW/SK/IX/2020.

“Kita juga tidak menghendaki hal ini, tapi mau bagaimana lagi, kondisi keuangan rumah sakit tidak memungkinkan menganggung kondisi ini,”katanya, usai bertemu dengan karyawan yang di PHK, di Wisma Aksi, Rabu (9/9).

Ia membeberkan, kondisi keuangan rumah sakit yang mengalami defisit sejak sepinya pasien yang datang ke rumah sakit dampak dari pandemi Covid-19.

“Ini kejadian luar biasa pada masa pandemi Corona, bukan saja rumah sakit, tapi banyak unit usaha lain yang terdampak, Sehingga rumah sakit memutuskan untuk mengurangi jumlah karyawan, ” tukasnya.

Baca juga: Di-PHK, Karyawan RS Bhakti Wara Protes Pesangon Tak Sesuai

Idealnya, kata dia, memang jumlah karyawan di rumah sakit bergantung dengan jumlah kamar atau tempat tidur di rumah sakit, tetapi akibat Corona, pasien yang datang mengalami penurunan drastis, sehingga rumah sakit juga kurang mendapatkan pemasukan untuk biaya operasional.

Ben menegaskan, pihak rumah sakit tetap memberikan hak untuk karyawan yang di PHK, dua bulan gaji sesuai UMP, ditambah THR yang belum dibayarkan, dan tunjanganain yang diberikan.

“Pesangon, THR, kemudian THR Natal juga kita berikan, memang hanya itu yang kita berikan, mau lebih kita juga mengalami keterbatasan, mau gimana lagi. Mudah-mudahan karyawan bisa mengerti, ” jelasnya. (*/two)

loading...

About nath

Check Also

Gubernur Babel Sambut Kedatangan Ketua Bawaslu RI

WARTABANGKA, PANGKALANBARU – Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Erzaldi Rosman menyambut kehadiran Ketua Bawaslu RI, …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *