Gelar Bimtek Penyelesaian Sengketa Pilkada 2020, Ketua DKPP Apresiasi Bawaslu Bateng

WARTABANGKA.COM, PANGKALANBARU – Ketua Dewan Kehormatan Penyelenggaraan Pemilu (DKPP) RI, Muhammad Alhamid menghadiri kegiatan bimbingan teknis (bimtek) penyelesaian sengketa dan sengketa cepat Bawaslu kabupaten dan panwas Kecamatan pada pemilihan bupati dan wakil bupati Kabupaten Bangka Tengah (Bateng), di Hotel Santika, Minggu (9/8).

“DKPP mengapresiasi kegiatan ini, bahwa Bawaslu Bangka Tengah ingin mengadakan kegiatan penguatan jajaran Panwascam,” kata Muhammad kepada wartabangka.com usai menghadiri kegiatan acara.

Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Bangka Tengah, mendapat apresiasi oleh Ketua Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DPP) RI, Muhammad, usai menggelar bimbingan teknis (Bimtek), di Hotel Santika, Minggu (9/8). Muhammad menilai, kegiatan tersebut sangat positif dan kali pertama dilakukan oleh Bawaslu kabupaten. WARTABANGKA.COM/EDI

Muhammad menilai, kegiatan ini sangat positif. Menurutnya, belum banyak Bawaslu tingkat kabupaten yang melakukan kegiatan itu.

“Dan ini pertama kali DKPP menghadiri kegiatan Bawaslu tingkat kabupaten. Intinya Panwascam ini adalah bagian yang paling penting dan strategis pada Pilkada nanti karena Panwascam ini bersentuhan langsung dengan masyarakat dengan tahapan-tahapan pemilu,” ujarnya.

“Sehingga inisiasi dari Bawaslu Bangka Tengah ini sekali lagi diapresiasi oleh DKPP untuk memberikan penguatan terkait dengan penguatan kode etik, karena Pilkada ini selain pendekatan hukum juga pendekatan etika,” imbuh eks Ketua Bawaslu RI itu.

Dia berharap, materi yang sudah diberikan oleh DKPP ini dapat diserap dengan baik oleh jajaran Bawaslu Bangka Tengah dan Panwascam. 

Sehingga dapat menjadi bekal untuk menjadi pengawas pemilu yang beretika, berkualitas dan berintegritas.

Sementara Ketua Bawaslu Bangka Tengah, Robianto menambahkan, kegiatan bimtek ini bertujuan untuk memberikan bekal, khususnya kepada para jajaran Panwascam dalam menghadapi Pilkada nanti.

“Jadi Panwascam itu nanti pada saat masa kampanye sudah dimulai, mereka ada kewenangan untuk melakukan penyelesaian sengketa cepat. Kita ingin ketika masa kampanye nanti, kompetensi mereka sudah meningkat,” harap Robi.

Robi juga mengungkapkan, kehadiran Ketua DKPP RI ini bertujuan untuk menekankan tentang pentingnya menjaga integritas, profesionalitas penyelenggara dalam menghadapi Pilkada.

“Poin-poin penting yang dapat kami petik dari Ketua DKPP tadi, yakni integritas, profesionalitas dan proporsionalitas bagi seorang penyelenggara itu adalah harga mati. Yang kita fokuskan apa yang dilakukan kalau terjadi dugaan pelanggaran agar kita selalu berpihak pada netralitas dan profesionalitas dalam mengawal seluruh tahapan pada Pilkada Bangka Tengah,” tandasnya. (*/)

loading...

Check Also

Bantu Korban Kebakaran di Koba, AKBP Risya Berikan Bantuan Bahan Pokok

WARTABANGKA, KOBA – Kapolres Bangka Tengah (Bateng), AKBP Moch Risya Mustario mendatangi korban bencana alam …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *