Gubernur: ASN Babel Bisa Kuliah dan Kembangkan Relasi

WARTABANGKA, PANGKALPINANG – Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Erzaldi Rosman menyampaikan permintaannya untuk kepentingan Aparatur Sipil Negara (ASN) kepada pihak Jakarta Global University (JGU).

“Saya minta spesial untuk ASN Bangka Belitung. Kalau mereka kuliah nanti, tolong masukkan mereka ke grup yang berbeda-beda, jangan di kelompok yang sama,” ujar Gubernur Erzaldi didampingi Kepala Dinas Pendidikan Babel, Muhamad Soleh dan Sekretaris Dinas Pendidikan Babel, Ervawi saat melakukan audiensi dengan pihak JGU, di Ruang Video Conference, lantai 1 Kantor Gubernur Babel, Air Itam, Pangkalpinang, Selasa (9/2).

Menurutnya, dengan demikian, ASN Babel berkesempatan untuk mengembangkan relasi.

“Kalau mereka dikelompokkan dengan yang berbeda-beda, mereka akan jauh lebih berkembang. Yang juga penting mereka akan dapat memperluas relasi,” katanya.

JGU merupakan salah satu lembaga perguruan tinggi pilihan dan terakreditasi. Dalam audiensi, pihak JGU memaparkan secara singkat program yang akan ditawarkan untuk kerjasama.

Eddy Yusuf, Rektor JGU mengatakan, kerjasama ini akan sangat bermanfaat bagi para ASN Bangka Belitung.

“Kami ingin bekerjasama dengan Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, karena akan sangat bermanfaat sekali bagi para pegawai dan tentunya ini juga akan berdampak pada kemajuan daerah,” katanya.

Kembali disampaikan Gubernur Erzaldi, dirinya juga ingin agar para ASN Babel dapat mengembangkan jiwa wirausahanya.

“Mereka ini kan pada dasarnya sudah bekerja. Saya juga ingin, bagaimana caranya mereka dikembangkan jiwa enterpreneurnya. Tolong dipikirkan jurusan apa saja yang bisa diupayakan untuk ini,” ucapnya.

Menjawab hal tersebut, Eddy Yusuf menjelaskan, menentukan jurusan yang dibutuhkan suatu daerah dapat dilakukan melalui riset di daerah itu sendiri.

“Untuk menentukan jurusan apa yang dibutuhkan daerah, misalnya Babel, lebih baik dilakukan riset di Babel, isu apa yang sedang berkembang dan apa yang dibutuhkan,” jelasnya.

Riset yang dilakukan selanjutnya dapat menjadi usulan terhadap jurusan yang dibutuhkan sesuai dengan kebutuhan daerah. Metode ini akan jauh lebih efektif.

Terakhir, Gubernur Erzaldi juga mengatakan, dirinya menginginkan ASN Babel memiliki mental yang berkarakter.

” Melalui pendidikan, salah satu hal terpenting dari seorang ASN yakni, harus memiliki mental yang berkarakter khususnya dalam menghadapi masa depan. Kita harus siap, agar dapat menyikapi masa depan dengan tepat dan terus maju,” pungkasnya. (Diskominfo Babel)

loading...

Check Also

Menko PMK Muhadjir Effendy Tiba di Pangkalpinang

WARTABANGKA, PANGKALPINANG – Bangka Belitung (Babel) kembali dikunjungi salah satu pejabat Kabinet Indonesia Maju. Kali …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *