Gubernur Babel Tak Setuju PSBB di Pangkalpinang

WARTABANGKA, PANGKALPINANG – Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Erzaldi Roesman, tidak menyetujui rencana penerapan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) di Kota Pangkalpinang.

Ia menegaskan, cara lain untuk melakukan pencegahan antisipasi penyebaran Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) dengan menerapkan secara ketat aturan dan sanksi pelanggar protokol kesehatan.

“Kalau untuk PSBB, saya kurang sependapat. Kalau PSBB, ada penutupan, sangat berat bagi dunia usaha untuk memulai operasi saat pertama operasi setelah ditutup, itu pengeluaran dahsyat, ” tegasnya, saat rapat penanganan Covid-19, Senin (4/1).

Ketimbang PSBB, sebutnya, lebih baik penertiban secara tegas terhadap masyarakat dan pelaku dunia usaha yang melanggar ketentuan yang melanggar disiplin covid.

“Kabupaten dan kota bisa menggunakan peraturan daerah atau perda yang sudah disahkan, segera lakukan penertiban, yang semuanya susah diatur dalam perda tersebut, ” sebutnya.

Penertiban ini, tambah Erzaldi, berlaku untuk semua sektor, termasuk di perkantoran yang juga harus diberlakukan secara ketat dan tegas.

“Ini berlaku untuk semua perkantoran, restoran, kecuali pasar bagaimana strategi yang diterapkan nantinya, ” ulas Erzaldi yang mengikuti rapat secara virtual.

Sementara, dalam rapat yang dipimpin Wagub tersebut, Direktur Rumah Sakit Umum Provinsi (RSUP) dr. Soekarno, Armayani menyebutkan, Pangkalpinang semestinya diterapkan PSBB.

“Setelah mengamati dengan rata-rata 2 pasien meninggal setiap hari dan peningkatan kasus positif, saya setuju, kita harus tetapkan Pangkalpinang PSBB, 1-14 hari siapkan karantina,” ungkapnya.

Setidaknya, di Kota Pangkalpinang butuh sekitar 200 tempat tidur untuk menampung pasien positif.

“Cara satu-satunya PSBB, sediakan rumah sakit khusus untuk pasien covid, tempat karantina, ” pungkasnya.

Senada dengan Kapolres Pangkalpinang, yang juga mengusulkan diberlakukan PSBB di Kota Pangkalpinang untuk menekan peningkatan pasien positif Corona di ibukota Provinsi Babel tersebut. (*/two)

loading...

Check Also

Menko PMK Muhadjir Effendy Tiba di Pangkalpinang

WARTABANGKA, PANGKALPINANG – Bangka Belitung (Babel) kembali dikunjungi salah satu pejabat Kabinet Indonesia Maju. Kali …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *