Gubernur Letakkan Batu Pertama Pembangunan Kolam Retensi Sungai Kampung Ulu

WARTABANGKA, MUNTOK – Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Erzaldi Rosman Djohan melakukan peletakan batu pertama pembangunan kolam Retensi Sungai Kampung Ulu di Jalan Kejaksaan, Kecamatan Muntok, Kabupaten Bangka Barat, Jumat (9/4).

Erzaldi menjelaskan rencana pembangunan kolam retensi ini sebenarnya diwacanakan sekitar dua tahun yang lalu. Di tahun 2021 rencana ini baru bisa terealisasi.

Setelah kolam retensi ini dibuat, pihaknya, kata dia, akan langsung membangun tamannya.

“Jadi ini nanti tidak saja kolam retensi tapi kiri kanan dan sekelilingnya adalah fungsi hijau. Jadi taman bermain dan ini nanti bisa dijadikan sebagai salah satu destinasi masyarakat kita untuk menikmati keindahan kolam ini sendiri sekaligus dijadikan sebagai ajang silaturahmi masyarakat disini,” ungkap Erzaldi.

Lanjut dikatakan Erzaldi, nantinya taman yang ada di kolam retensi ini akan dibangun dengan sedemikian rupa sesuai dengan tema heritage. Hal ini sebagaimana kebijakan Provinsi Babel yang menjadikan Kota Muntok sebagai kota heritage maka pembangunan tamannya pun akan disesuaikan dengan tema tersebut.

“Karena Muntok ini sebagaimana kebijakan kita menjadikan Muntok sebagai sebuah kota heritage kota sejarah yang mana banyak sekali gedung-gedung sejarah disini. Ini harus dikolaborasikan dan disinergikan dengan taman-taman yang tema taman-tamannya itu harus kita buat sedemikian rupa agar tampak lebih baik dan menarik masyarakat,” sebut Erzaldi.

Selain itu, dia menambahkan, kolam retensi ini merupakan proyek lanjutan dari check dam di Sunagi Ciulong yang telah dibangun oleh Pemkab Bangka barat.

” Selanjutnya pak bupati nanti dari kolam retensi ini, ini sebetulnya adalah lanjutan daripada kegiatan yang sudah ada dulu di hulu di bukit. Jadi sekarang ini adalah titik kedua sebagai tahanan air yang kedua setelah di hulu,” ujar Erzaldi.

Dengan adanya pembangunan kolam retensi ini, Erzaldi berharap dapat memberikan banyak manfaat kepada masyarakat Bangka Barat.

” Mudah-mudahan kehadiran kolam retensi ini akan terus mengurangi secara bertahap potensi banjir yang ada di kota Muntok ini. Tentunya kami minta dukungan masyarakat Muntok dan sekitarnya khususnya Kampung Ulu ini,” harap Erzaldi.

” Jadi bapak ibu sekalian kami minta dukungannya mudah mudahan dukungannya sepenuh hati terus kita dorong untuk terciptanya kegiatan kita ini nanti kedepan lebih baik lagi dan masyarakat kami harapkan dapat merasakan nanti kehadiran daripada project ini,” tambah Erzaldi. ( IBB )

loading...

Check Also

Pertamina Patra Niaga Menggelar Simulasi Operasi Keadaan Darurat Level 0 di Area Dermaga FT Pangkal Balam

WARTABANGKA, PANGKALPINANG– Pertamina Patra Niaga Region Sumbagsel melalui Fuel Terminal (FT) Pangkal Balam Kepulauan Bangka …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *