Hasil Tes Urine Pegawai dan Warga Binaan Rutan Muntok Negatif Narkotika

WARTABANGKA, MUNTOK – Hasil tes urine terhadap 43 orang pegawai Rumah Tahanan (Rutan) Negara Kelas II B Muntok dan 33 orang warga binaan telah keluar. Hasilnya, semua pegawai dan warga binaan negatif menggunakan narkotika.’

Tes urine ini dilaksanakan Divisi Pemasyarakatan Kanwil Kemenkumham Bangka Belitung (Babel) bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Bangka Barat, Kamis pagi (10/9).

Kepala Rutan Muntok, Abdul Rasyid Meliala mengatakan berdasarkan pemeriksaan tes urine oleh dinas kesehatan kepada pegawai dan narapidana hasil seluruhnya negatif.

Dalam hal ini, dia menuturkan sangat teliti dalam mengawasi para pegawainya. Bahkan, ia telah mewanti-wanti dengan ancaman tindakan tegas.

“Hal ini dilakukan salam rangka memerangi, memberantas narkoba di rutan Muntok, mudah-mudahan rutan Muntok ini aman dan kondusif,” kata Abdul.

Sebelumnya, Kabid Pembinaan dan Bimbingan Teknologi Informasi Divpas Kanwil Kemenkumham Babel, Harman menjelaskan test urine ini merupakan kegiatan bersih-bersih para petugas Rutan yang menjadi bagian dari penegakan hukum.

Selain itu, menurut dia, kegiatan ini juga termasuk monitoring evaluasi yang dilaksanakan Divpas Kanwil Kemenkumham Babel setiap tiga bulan sekali.

“Kalau mau bersih-bersih kita dulu yang bersih. Memang ini kegiatan monitoring evaluasi itu tiap tiga bulan sekali kita ada laporannya. Kita sekalian sidak pegawainya, juga warga binaan jangan sampai kita menjadi bagian, tunjukin kepada masyarakat ini loh kita,” kata Harman.

Dia menambahkan untuk warga binaan, tes urine dilaksanakan secara acak. Sedangkan, pihaknya hanya berperan untuk memonitor kegiatan yang ada. (*/IBB)

loading...

About nath

Check Also

Gubernur Babel Ajak Paslon dan Penyelenggara Pilkada Laksanakan Prokes Covid-19

WARTABANGKA, PANGKALPINANG- Sebanyak 11 pasangan calon (paslon) bupati dan wakil bupati peserta Pilkada 2020 di …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *