Hati-Hati Penipuan Berkedok Bantuan UMKM, Nama Pejabat Dinas KUKM Babel Dicatut

WARTABANGKA, PANGKALPINANG -Nama pejabat dan instansi Dinas Koperasi dan UKM (DKUKM) Pemprov Bangka Belitung (Babel) dicatut penipu. Penipu yang mengaku dari instansi tersebut menelepon sejumlah pelaku UMKM menginformasikan soal bantuan hibah sebesar Rp80 juta.

Padahal, ketika dikroscek, oknum tersebut bukalah pejabat asli dan terdapat kesalahan dalam nomor ponsel serta jenis kelamin pejabat yang disebutkan oknum tersebut. Pelaku, kemudian meminta sejumlah uang, agar ditransfer untuk kepengurusan bantuan Rp80 juta tersebut.

“Saya ditanya oleh pelaku UMKM, apakah benar dinas memberikan bantuan, saya bilang tidak ada, dan itu penipuan, pelaku UMKM harus hati-hati dan waspada, jangan mudah percaya, ” tegas Kepala DKUKM Pemprov Babel, Elfiyena, Rabu (17/2).

Elfie menambahkan, oknum tersebut menyebut nama Kabid pemberdayaan dan pengembangan Koperasi, Arpandi dan sekretaris Dinas Nurul Huda, bahkan oknum juga tau nama kepala dinas koperasi.

“Yang curiganya, dia menyebutkan sekdis itu bapak Nurul Huda, padahal Nurul Huda itu perempuan, kemudian kalau secara logika, Kabid Koperasi kok ngurusin UMKM, ya harusnya kan bidang UMKM, kalau Koperasi urusannya mengenai koperasi bukan UMKM, dari situ banyak pelaku UMKM yang curiga dan bertanya mengklarifikasi benar tidak ada bantuan ini, ” bebernya.

Ia menyebutkan, untuk saat ini, DKUKM tidak memberikan bantuan dalam bentuk tunai kepada pelaku UMKM, beberapa bantuan yang diberikan, umumnya berupa alat bantu usaha, dan pelatihan serta hal lainnya.

Atas kejadian ini, pihaknya sudah berkoordinasi dengan kepolisian untuk menindaklanjuti, agar tidak ada pelaku UMKM yang tertipu, dan oknum bisa dijerat hukuman.

“Kalau secara lisan, saya sudah melapor, minta dicek nomor ponsel yang mereka berikan, nanti secara tertulis kami akan laporkan, ” tambahnya.

Ketika dihubungi ke salah satu nomor pelaku, pria di ujung telepon yang mengaku bernama Arpandi, menjelaskan bahwa bantuan ini dikucurkan pemerintah untuk UMKM terdampak Covid-19.

“Iya benar, usaha ibu mendapatkan bantuan, yang diusulkan dinas pada Oktober 2020, nanti silahkan berkoordinasi dengan Kementerian Koperasi Deputi bidang pembiayaan, bantuan hibah Rp80 juta ini, kami hanya menginformasikan kepada penerima, ” ujarnya.

Sebelumnya, oknum lain mengirimkan informasi untuk menghubungi Kabid Koperasi, Arpandi di nomor 08132064937. Kemudian dia meminta untuk berkoordinasi ke pihak lain. Dari gaya bicaranya, kedua oknum tersebut tampak santai dan meyakinkan, pihaknya juga menjelaskan tujuan bantuan ini. (*/two)

loading...

Check Also

Tim Predator Polsek Lubukbesar Door To Door Ajak Warga Ikuti Vaksinasi Covid-19

WARTABANGKA.COM, LUBUKBESAR – Tim Predator Polsek Lubuk Besar gencar mengajak warga mengikuti kegiatan vaksinasi Covid-19. …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *