Iduladha, Pemkab Bangka Potong 45 Ekor Hewan Kurban

WARTABANGKA.COM, SUNGAILIAT – Pemerintah Kabupaten Bangka akan memotong 45 ekor hewan kurban pada perayaan Hari Raya Iduladha 1442 H. Dimana, 30 hewan kurban diantaranya merupakan sumbangan dari setiap organisasi perangkat daerah yang ada di Pemkab Bangka.

“Sedangkan sisanya sebanyak 15 ekor itu merupakan hasil sumbangan dari mitra Pemkab Bangka selama ini,” jelas Bupati Bangka, Mulkan, Senin (19/7).

Dikatakan Mulkan, pemotongan hewan kurban sendiri direncanakan dilakukan di rumah dinas bupati Bangka pada hari kedua perayaan Iduladha. Selain itu, ada juga hewan kurban yang langsung diserahkan ke masing-masing desa untuk dipotong.

“Jadi dibagi seperti tahun lalu. Ada yang kita potong di rumah dinas, ada yang langsung diserahkan ke desa,” kata dia.

Sementara terkait jadwal pelaksanaan Salat Idul Adha, Mulkan menuturkan akan melakukan salat di Masjid Agung Sungailiat.Mulkan juga mengimbau kepada masyarakat untuk tetap melakukan protokol kesehatan.

Delapan Desa Terima Sapi

Sementara, Pemerintah Kabupaten Bangka menyalurkan delapan ekor sapi kurban untuk masyarakat di sejumlah desa. Yakni masing -masing satu ekor di Desa Cengkong Abang, Rukem, Air Buluh, Payben, Mendo, Labur Air Pandang, Kece Timur dan Mendo Kecamatan Mendo Barat.

Sapi kurban yang disalurkan untuk masyarakat melalui panitia kurban di masjid diharapkan dapat membantu pemenuhan daging bagi warga kurang mampu.

“Saya berharap sapi kurban yang disalurkan itu mampu membantu masyarakat kurang mampu memenuhi konsumsi daging,” kata Mulkan, Senin (19/7).

Dikatakan, sapi kurban tersebut merupakan bantuan sosial perusahaan “Corporate Social Responsibility” (CRS) yang melakukan aktivitas kegiatan usaha di wilayah Kabupaten Bangka.

“Saya memberikan apresiasi ke pihak swasta yang telah peduli membantu menyalurkan sapi kurban untuk masyarakat di perayaan IdulAdha,” katanya.

Bupati menyarankan panitia kurban agar dalam pembagian hewan kurban benar-benar menerapkan protokol kesehatan karena pemotongan hewan kurban dilaksanakan di tengah pandemi COVID-19.

Sementara, Satuan Tugas Covid-19 Kabupaten Bangka mengingatkan pembagian daging kurban pada Hari Raya Idul Adha diberikan secara langsung kepada penerimanya. Hal itu ditegaskan Juru Bicara Satgas Covid-19 Bangka Boy Yandra.

“Ini untuk menghindari adanya kerumunan. Jadi hewan kurban dibagikan langsung ke penerima dengan diantar langsung ke rumah,” kata Boy Yandra.

Dikatakan dia, hal ini harus menjadi perhatian para panitia, bahwa daging kurban harus diantarkan kepada penerimanya. Tidak boleh ada antrean dalam pembagian daging kurban seperti tahun-tahun sebelumnya.(Zen)

loading...

Check Also

Proses Instalasi Komponen Mesin Capai 81 Persen, PLN 24 Jam Non Stop Pulihkan Sistem Kelistrikan Pulau Bangka

WARTABANGKA, PANGKALPINANG– Proses instalasi komponen mesin PLTMG dari Riau kini mencapai 81 persen. Sejak kedatangan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *