Ikut Pilkada, Petahana Harus Cuti di Luar Tanggungan Negara

WARTABANGKA, PANGKALPINANG – Kepala Biro Pemerintahan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), M Haris menyebutkan bagi bupati/wakil bupati yang saat ini aktif harus cuti di luar tanggungan negara bila mengikuti Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2020.

Aturan ini, menurut dia, tercantum dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 74 Tahun 2016.

“Cuti di luar tanggungan negara sebagaimana dimaksud diberikan oleh gubernur atas nama menteri. Paling lambat tujuh hari kerja sebelum penetapan pasangan calon,” jelas Haris kepada wartawan, Jumat (28/8).

Dia menerangkan, dalam peraturan tersebut, bupati dan wakil bupati yang ikut pilkada , selain menjalani cuti di luar tanggungan negara saat kampanye dilarang menggunakan fasilitas yang terkait dengan jabatannya.

“Selama bupati dan wakil bupati menjalani cuti, nantinya ditunjuk pelaksana tugas atau Plt bupati yang diizinkan dalam kurun waktu tertentu,” ungkap Haris.

Kemudian, lanjut Haris, Pelaksana tugas bupati berasal dari pejabat pimpinan tinggi pratama pemerintah daerah provinsi atau Kemendagri.

“Plt bupati ditunjuk oleh menteri atas usul gubernur. Nantinya, gubernur mengusulkan tiga calon pelaksana tugas kepada menteri untuk mendapat persetujuan paling lambat tujuh hari kerja sebelum penetapan pasangan calon,” katanya. (*/)

loading...

About nath

Check Also

Wagub Babel Terima Kedatangan Tim Audit BPK

WARTABANGKA, PANGKALPINANG – Wakil Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Abdul Fatah menerima tim audit Badan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *