Kadisnaker Pastikan UMP Babel 2021 Tidak Naik, Segini Besarannya

WARTABANGKA, PANGKALPINANG– Setiap tanggal 1 November setiap tahunnya, masing-masing provinsi di Indonesia mengumumkan kenaikan upah minimum (UMP) untuk tahun berikutnya. Tetapi, pada tahun 2021 mendatang, UMP di Provinsi Kepulauan Babel tidak mengalami kenaikan.

“Untuk tahun 2021 mendatang, upah minimum di Babel tidak mengalami kenaikan, karena beberapa pertimbangan, nilainya tetap sama dengan tahun 2020, yakni Rp 3.230.022,”kata Kepala Dinas Tenaga Kerja Babel, Harrie Patriadie, Senin (2/11).

UMP ini, kata dia, terdiri dari upah pokok dan tunjangan tetap. “Untuk perusahaan yang telah membayar lebih tinggi dilarang mengurangi atau menurunkan upah, “ingatnya.

Tidak naiknya UMP tahun 2021 ini, sebut Harrie karena berbagai pertimbangan, pertama ditetapkan karena memperhatikan rekomendasi dewan pengupahan, dan pandemi Covid-19, sehingga UMP tahun 2021 disamakan dengan 2020. “Keputusan ini mulai berlaku 1 Januari 2021 mendatang,”imbuhnya.

Untuk tahun 2022 mendatang, tambahnya, penetapan upah sudah menggunakan hasil survei kebutuhan layak hidup (KLH) , survei kebutuhan pokok pekerja, survei harga, pertumbuhan ekonomi dan inflasi.

“Kalau dua tahun sama tidak naik, maka tahun depan kita menggunakan survei itu. Jika melihat kondisi pertumbuhan ekonomi yang menurun, kemungkinan UMP menurun, makanya kita ambil kebijakan tetap ini, ” ulasnya.

Bukan hanya di Babel, setidak ya di seluruh Indonesia, terdapat 25 provinsi di Indonesia yang telah menetapkan upah yang sama dengan tahun 2020, atau tidak ada kenaikan. (*/two)

loading...

Check Also

Wabup Erfian Ajak Kades dan BPD Maksimalkan Potensi Desa

WARTABANGKA, PANGKALANBARU –Wakil Bupati Bangka Tengah, Herry Erfian, S.T menjadi salah satu narasumber Bimbingan Teknis …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *