Kantongi Surat Bebas Corona Palsu, 12 Penumpang Kapal Feri Dipulangkan ke Palembang

WARTABANGKA, MUNTOK – Sebanyak 12 orang penumpang kapal feri yang menggunakan surat rapid tes antigen palsu pada Senin (18/1) lalu telah dipulangkan.

Hal ini disampaikan oleh Sekretaris Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Bangka Barat, Sidarta Gautama.

“Sudah dikembalikan mereka, mereka kan korban, tapi dia disanksilah jadi tidak masuk ke sini (Muntok-red),” kata Sidarta, Rabu ( 20/1).

Dia menjelaskan dari informasi yang diterima, pelaku pemalsuan surat keterangan rapid tes antigen telah diamankan oleh pihak Polsek Banyuasin, Provinsi Sumatera Selatan.

“Untuk pelaku informasi yang kami dengar sudah diamankan di Polsek Banyuasin, dia bukan orang rumah sakit atau orang klinik tersebut tetapi bersifat perantara,” ujarnya.

Sidarta melanjutkan terkait nama Klinik Abdi Waluyo yang tertera di surat keterangan sebagai pihak yang memeriksa 12 penumpang, setelah dicek lebih lanjut ternyata klinik tersebut sudah tidak beroperasi lagi selama empat tahun belakangan. Karena itu, pihaknya tidak dapat mengambil tindakan lebih lanjut.

“Karena menurut informasinya rumah sakit atau klinik itu sudah tidak beroperasi selama empat tahun ke belakang, mau negor siapakah? kecuali rumah sakit atau klinik itu masih beroperasi sampai dengan hari ini mungkin bisa memberikan teguran oleh dinas kesehatannya,” ungkap Sidarta.

Selain itu, untuk persoalan ini kata dia, Provinsi Bangka Belitung tidak bisa memproses kasusnya lebih lanjut. Hal itu dikarenakan kasus pemalsuan suket rapid antigen ini terjadi di luar wilayah Babel.

Akan tetapi, pihaknya akan tetap memberikan kebutuhan untuk para korban yang sudah terlanjur berada di Muntok, karena itu dikenakan sanksi dipulangkan ke tempat asalnya.

“Dengan demikian kita memandang ini bahwa ini ada kekurang telitian dari pada korban, dan mereka jadi korban, maka sanksinya kita dikembalikan, urusan kita sudah selesai, sebenarnya kita tidak ada masalah hanya yang disana bermasalah. Kita masih menunggu hasil final dari kasus ini,” tutup Sidarta. (IBB )

loading...

About nath

Check Also

Wakil Bupati Bangka Selatan Terima Bantuan Bidang Lingkungan dari PT Timah

WARTABANGKA, TOBOALI – Wakil Bupati Bangka Selatan Debby Vita Dewi menerima langsung bantuan PT Timah …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *