Kapolda Bersama Wakil Bupati Bateng Turunkan Rumpon di Perairan Ketawai

WARTABANGKA.COM, KOBA – Polda Kepulauan Bangka Belitung (Babel) bersama Pemkab Bangka Tengah (Bateng) menurunkan rumpon di perairan Pulau Ketawai, Kamis (27/5). Hadir dalam kegiatan ini Kapolda Irjen Pol Anang Syarif Hidayat, Kapolres Bateng AKBP Slamet Ady Purnomo dan Wakil Bupati Bateng, Herry Erfian.

Kapolda Babel, Irjen Pol Anang Syarif Hidayat menyampaikan bahwa rumpon tersebut berguna untuk menjaga ekosistem laut di wilayah itu.

“Rumpon yang kita turunkan hari ini, berguna untuk melestarikan budidaya laut atau ekosistem laut di Bangka Belitung, khususnya di Pulau Ketawai Kabupaten Bangka Tengah,” ungkap Irjen Pol Anang.

“Nantinya akan ada banyak ikan berkumpul dan menjadi semakin banyak lagi, sehingga memudahkan para nelayan dalam menangkap ikan, serta bisa menjadi objek wisata snorkeling atau memancing,” timpalnya.

Ia mengimbau agar para nelayan tidak menggunakan bom laut untuk menangkap ikan.

“Jangan menggunakan bom laut, karena bom tersebut tidak hanya mematikan ikan tangkapan, namun juga dapat merusak makhluk hidup di perairan secara luas, menyebar polutan, dan racun, serta membahayakan manusia itu sendiri, jadi saya himbau untuk tidak gunakan bom laut yang dapat merusak ekosistem laut,” imbau Irjen Pol Anang.

Lebih lanjut, rumpon yang digunakan kali ini merupakan inovasi yang bahan utama pembuatannya berasal dari knalpot.

“Rumpon yang kita gunakan ini terbuat dari 2000 knalpot motor hasil sitaan Ditlantas dan Res jajaran, yang mana dibuat langsung oleh Ditpolairut PoldaBangka Belitung dengan 2 macam bentuk helikopter dan kapal,” ungkapnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Bateng, Herry Erfian berterima kasih kepada Polda Kepulauan Bangka Belitung atas perhatiannya terhadap ekosistem laut di Bangka Tengah.

“Terima kasih kepada jajaran Polda Kep. Bangka Belitung yang telah memperhatikan kelestarian laut di Bangka Tengah ini,” ujar Herry Erfian.

Kegiatan ini, kata Erfian menjadi motivasi Pemda Bateng untuk ikut dalam melestarikan ekosistem laut.

Menurut dia rumpon tersebut sangat berguna untuk budidaya laut, khususnya Pulau Ketawai.

“Rumpon tersebut sangat berguna untuk budidaya laut, terlebih terbuat dari knalpot brong hasil sitaan Polda ataupun Polres Bangka Tengah,” pungkasnya. (RN)

loading...

Check Also

Hadirkan Telekomunikasi di Daerah Pelosok, Gubernur Babel Minta Komitmen Operator Seluler

WARTABANGKA, JAKARTA – Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Erzaldi Rosman meminta para operator seluler untuk …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *