Kasus Corona Melonjak, Erzaldi Tak Mau ASN Dianggap Sebagai Pembawa Virus

WARTABANGKA, PANGKALPINANG – Angka kasus positif Corona virus Disease 2019 (Covid-19) di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) terus meningkat. Masyarakat yang terpapar pun dari berbagai kalangan, mulai ASN hingga masyarakat biasa dengan banyak klaster seperti klaster perkantoran, hingga keluarga.

Gubernur Babel, Erzaldi Roesman menegaskan, pihaknya sudah melakukan upaya pencegahan penularan dengan penerapan pendisiplinan protokol kesehatan (prokes) Covid-19 dan penegakkan perda mengenai prokes tersebut.

“Perda sudah ada dan penegakkannya semakin ketat, kalau bandel dan keterlaluan akan dikenakan sanksi, pemimpin atau kepala perkantoran atau usaha dikenakan sanksi hingga Rp10 juta, masyarakat ada denda Rp200.000 jika tidak disiplin, tergantung jenis pelanggarannya,” kata Erzaldi, Kamis (14/1).

Disinggung masyarakat yang merasa selalu disalahkan sementara para pejabat dan ASN yang terus bebas melakukan perjalanan dinas ke luar daerah saat pandemi, Erzaldi menyebutkan bahwa sebelum keluar masuk, para ASN sudah menjalani pemeriksaan.

“ASN dipastikan setiap keluar masuk sudah rapid antigen, malah banyak ASN yang nggak mau kalau ditugaskan dinas ke luar, mereka minta ikut kegiatan virtual saja, jangan anggap ASN sebagai pembawa virus, ” tegasnya.

Hingga kemarin, angka total kasus positif di Babel 3.220 kasus, dimana 2.479 orang yang sudah sembuh, dan angka kematian 56 orang.

Pasien yang masih positif terbanyak di Kota Pangkalpinang 478 pasien, di kabupaten Bangka 79 orang, Bangka Tengah 56 orang, Bangka Barat 27 orang, Bangka Selatan 20 orang, Belitung 16 orang dan Beltim 9 orang.

“Tetap disiplin dalam mematuhi prokes covid-19, menggunakan masker, menjaga jarak dan selalu mencuci tangan, upaya-upaya ini merupakan langkah untuk mencegah agar terhindar dari terpaparnya virus Corona, ” imbaunya. (*/two)

loading...

Check Also

Menko PMK Muhadjir Effendy Tiba di Pangkalpinang

WARTABANGKA, PANGKALPINANG – Bangka Belitung (Babel) kembali dikunjungi salah satu pejabat Kabinet Indonesia Maju. Kali …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *