Kasus Positif Covid-19 di Bangka Barat Capai 2.309 Orang

WARTABANGKA.COM, MUNTOK – Kasus pasien terkonfirmasi Covid-19 di Kabupaten Bangka Barat per tanggal 6 juni 2021 berjumlah 2.309 kasus. Rincinannya adalah 24 orang meninggal dunia, 2.025 pasien dinyatakan sembuh dan 260 masih dalam proses penyembuhan.

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Bangka Barat, M. Putra Kusuma menjelaskan untuk orang yang terpapar Covid-19 meninggal dunia berjumlah 24 orang atau case fatality rate sebesar 1,03 persen.

“Dalam satu minggu terakhir terlaporkan dua orang yang terpapar Covid-19 meninggal dunia,” ujar Putra dalam pers releasenya, Senin (7/6).

Selanjutnya, terkait kasus konfirmasi covid-19 pada bulan April berjumlah 827 kasus atau 38,80 persen dari kasus komulatif.

Sedangkan pada bulan mei berjumlah 873 atau 35,81 persen dari kasus komulatif dan minggu pertama pada bulan juni berjumlah 95 kasus konfirmasi.

Menurut Putra, di Bangka barat sendiri rata-rata kasus pasien terpapar covid-19 perbulan nya adalah sebanyak 177 kasus atau 7,6 persen dari kasus komulatif. Adapun desa/kelurahan tertinggi kasus aktifnya dalam 7 hari terakhir yaitu kelurahan Sungai Daeng dengan 14 orang kasus aktif.

“Untuk data testing pada 1 minggu terakhir berjumlah 683 test dengan rincian test PCR 241 dan test antigen 442 test. Karena keterbatasan di berbagai hal satgas covid-19 belum dapat melaksanakan test secara terbuka di tempat – tempat umum untuk meningkatkan skala testing,” jelasnya.

Sementara itu, kata Putra, perkembangan PPKM mikro di kabupaten Bangka Barat sudah berjalan baik tetapi memang masih perlu perbaikan di beberapa sisi serta evaluasi berkala.

Sesuai dengan Inmendagri Nomor 12 Tahun 2021 terkait perpanjangan penerapan PPKM Mikro dapat disampaikan bahwa PPKM mikro ini adalah upaya memperbaiki kesiapsiagaan dan strategi penanggulangan Covid-19 di tingkat level terendah ( Desa/Rt/Rw).

Melalui PPKM mikro, setiap desa/kelurahan didorong untuk mendirikan dan mengaktifkan Posko integrasi pengendalian Covid-19 yang berperan sebagai pendamping tenaga kesehatan dan fasilitas pelayanan kesehatan serta petugas surveilans dan tim penyelidikan epidemiologi dalam pengendalian penyebaran Covid-19.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada seluruh desa/kelurahan yg sdh berperan aktif dalam PPKM Mikro sehingga telah banyak ambil bagian dalam pengendalian pandemi di kabupaten bangka barat yang kita cintai ini. Sekecil apapun peran itu tentunya di maknai sebagai suatu semangat kebersamaan dalam upaya akselerasi mengatasi pandemi Covid- 19,”ujarnya.

Untuk itu, Putra menghimbau kepada masyarakat untuk selalu disiplin dalam menerapkan Protokol Kesehatan 5M yakni menggunakan masker, menjaga jarak dan sebisa mungkin menghindari kerumunan/keramaian, serta mencuci tangan dengan sabun/hand sanitizer dan mengurangi mobilitas. ( IBB )

loading...

Check Also

Pertamina Patra Niaga Menggelar Simulasi Operasi Keadaan Darurat Level 0 di Area Dermaga FT Pangkal Balam

WARTABANGKA, PANGKALPINANG– Pertamina Patra Niaga Region Sumbagsel melalui Fuel Terminal (FT) Pangkal Balam Kepulauan Bangka …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *