Kejari Bangka Barat Musnahkan Barang Bukti Narkoba

WARTABANGKA, MUNTOK – Kejaksaan Negeri (Kejari) Bangka Barat (Babar) melaksanakan kegiatan pemusnahan barang bukti narkoba di Aula Kejari Babar, Rabu (17/11).

Barang bukti narkoba yang dimusnahkan berupa 67,7794 gram sabu, 727 pil ekstasi, 2.753,662 gram ganja dan 1.000 butir obat keras (dextrometherphan). Barang bukti tersebut dimusnahkan dengan cara diblender sampai hancur. Sementara untuk ganja dan barang lainnya dibakar.

Kepala BNNK Bangka, Eka Agustina menjelaskan di tahun 2021 ini, jumlah barang buktinya memang terdapat peningkatan dibandingkan dengan tahun lalu.

“Kalau dilihat dari kondisi yang ada barang bukti tahun 2021 lebih banyak daripada tahun 2020. Dan variannya pun ada perubahan seperti yang kita lihat secara umum,” jelasnya.

Selain itu kata Eka, ada berbagai macam varian narkoba yang dimusnahkan di kantor Kejari diantaranya bentuk pil ekstasi tidak lagi bulat, tetapi berbentuk bujur sangkar. Daun ganja yang dicampur dengan tembakau dan sabu-sabu dikemas ke dalam sachet yang lebih kecil.

Maka dari itu, Eka meminta masyarakat Babar agar ikut mencermati perkembangan bentuk, jenis dan warna setiap peredaran narkoba yang ada di wilayah.

“Kita minta dukungan pemda dan para pejabat untuk peduli . Kami mendukung kalaupun nanti akan dibentuk BNK Bangka barat, silahkan berkoordinasi dengan kita untuk mempercepatnya,” kata Eka.

Di kesempatan yang sama, Kepala Kejari Babar, Helena Octavianne mengungkapkan penutup tahun 2021 ini, pihaknya melakukan pemusnahan barang bukti bersama BNNK Bangka.

“Kita adakan pemusnahan barang bukti dan ini penutup tahun, ada dari tindak pidana narkotika dan tindak pidana umum lainnya dan juga disaksikan BNNK Bangka Induk,” ujarnya.

Sementara itu, Kasi Pengelolaan Barang Bukti dan Barang Rampasan, Agung Trisa Putra, menambahkan barang bukti yang dimusnahkan hari ini sebanyak 861 dari 67 perkara, terdiri dari 27 perkara narkotika, 21 perkara Orang dan Harta Benda (Oharda) dan 19 perkara Keamanan dan Ketertiban Umum (Kamtibum) serta Tindak Pidana Umum Lainnya (TPUL).

“BB-nya narkotika jenis sabu dan ganja serta pil ekstasi. Ada juga yang lain, ini kan akan dihancurkan sehingga tidak bisa digunakan lagi,” tukas Agung. ( IBB/RLS )

loading...

Check Also

Ringankan Korban Kebakaran di Kelurahan Pintu Air, PT Timah Serahkan Bantuan Sembako

WARTABANGKA, PANGKALPINANG – Meringankan beban korban kebakaran yang terjadi di Jalan Kenali Asam, Kelurahan Pintu …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *