Kejari Bangka Barat Rayakan HPN 2021 Bersama Insan Pers

WARTABANGKA.COM, MUNTOK – Kejaksaan Negeri (Kejari) Bangka Barat merayakan Hari Pers Nasional ke 75 bersama insan pers yang ada di Bangka Barat dan acara bedah buku bertajuk “Penuntutan Dengan Hati Nurani “. Perayaan HPN ini dilaksanakan di Kantor Kejari Babar, Rabu (10/2).

Acara ini dihadiri Ketua PWI Bangka Barat, Husni beserta sejumlah wartawan dari berbagai media, Kepala DP2KBP3A Bangka Barat, Suwito, Plt. Dinas Pariwisata dan Kebudayaan, Bambang Haryo Suseno, Sekretaris Dinas Sosial, Wanda, Sekretaris Diskominfo, Fachriansyah, Kabag Hukum Zainuddin dan Hakim PN Mentok, Arindo.

Menurut Kajari Helena Octavianne, di usia yang ke-75 ini, pers merupakan corong terdepan dalam pemberitaan.

“Mau berita bagus ataupun berita jelek sebenarnya nggak masalah karena ada juga yang bilang, Bad News is A Good News. Tapi kita di kejaksaan menyikapi bahwa pers itu teman kita, sahabat kita,” kata Helena dalam sambutannya.

Helena menerangkan berkat media, Kejari Bangka Barat mendapatkan predikat Wilayah Bebas Korupsi ( WBK ).

“Makanya Jaksa Sahabat Media disini mau kami terangkan, kami mendapat WBK karena bantuan dari pers juga. Karena tanpa ada pemberitaan yang baik, tanpa ada pemberitaan dari rekan – rekan semua, tentunya WBK ini tidak akan berhasil. Karena saya percaya karena saya juga keluarga media. Kalau dibilang kenal nggak sama media, saya malah tidur setiap hari sama media,” ujarnya.

Untuk itu, dirinya berharap kepada para insan pers, kedepannya dapat memberikan informasi – informasi penting yang pihaknya berikan kepada masyarakat terutama masalah restorative justice. Restorative justice adalah program dari pusat bahwa Kejaksaan Agung untuk membantu masyarakat kecil.

“Dimana kerugian di bawah 2,5 juta, hukuman yang tidak lebih dari 5 tahun, kemudian korban atau pelaku dua – duanya masyarakat kecil. Diharapkan tidak perlu lagi disidangkan karena tidak layak. Misalnya pencurian dua batang kayu yang harganya mungkin hanya 200 ribu. Kenapa disidangkan, harusnya melalui restorative justice. Dan tahapan restoratif jusctice nanti akan kita bedah melalui buku saya, semoga bisa memberi pencerahan karena bukan hanya kejaksaan, kehakiman pun ada restorative justice,” imbuhnya.

Di kesempatan yang sama, Husni selaku Ketua PWI Bangka Barat merasa terharu dengan acara yang telah dibuat oleh Kejari bersama jajaran untuk merayakan Hari Pers Nasional.

“Ini sungguh membuat kami sebagai insan pers berterima kasih dan sangat bangga sekali. Kemitraan dengan kejaksaan ini diapresiasi sekali. Tapi nggak hanya di kejaksaan, di PN Mentok Pak Golom kemarin, hubungan kita sangat baik. Pemda juga. Jadi HPN dengan PWI sama usia nya. Kita sangat berterima kasih sekali kepada pihak kejaksaan ini yang sudah merayakan HPN ke 75 di Babar ini,” jelasnya.

“Semoga kita tetap bersinergi dengan kejaksaan dan semua Mitra kita yang ada di Bangka Barat. Sekali lagi berikan apresiasi kepada kejaksaan bangka barat,” tukasnya.

Perayaan HPN ini juga diselingi dengan pemotongan tumpeng HPN serta penyerahan bingkisan dan piagam kepada wartawan Bangka Barat. ( IBB )

loading...

About nath

Check Also

Pemkab Babar Segera Lengkapi Dokumen Pengadaan Tanah untuk Pembangunan Jalan Tanjung Ular-Air Limau

WARTABANGKA, MUNTOK – Sekretaris Daerah Kabupaten Bangka Barat (Babar) , Muhammad Soleh mengatakan pihaknya akan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *