Kemenko Marves Kunjungi Tiga Pelabuhan di Kecamatan Muntok

WARTABANGKA.COM, MUNTOK – Asisten Deputi Konektivitas Kementerian Koordinator Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves), Rusli Rahim mengunjungi tiga pelabuhan di Kecamatan Muntok, Kabupaten Bangka Barat, Rabu (5/5).

Rombongan dari Kemenko Marves tersebut didampingi Bupati Bangka Barat, H. Sukirman, Sekda Muhammad Soleh, Kepala Dinas PUPR, Suharli, Kepala BAPPEDA Muhammad Effendi serta Kepala Unit Metalurgi PT. Timah Muntok, Wiyono.

Pelabuhan yang dikunjungi Rusli yakni, Pelabuhan Ikan di Kelurahan Tanjung, Pelabuhan Sementara di Tanjung Kalian dan Pelabuhan Tanjung Ular yang sedang dalam tahap pembangunan.

Rusli mengatakan Pelabuhan Ikan Muntok bisa dikembangkan menjadi lebih baik lagi, namun eksistingnya perlu direvitalisasi. Dikatakannya, PT. Pelindo sudah melakukan kajian untuk melihat kemungkinan melakukan kerja sama.

” Tentunya ini nilai positifnya adalah pengembangan ekonomi di Muntok. Saya lihat disini potensi ada, sekarang bagaimana mengimplementasikannya. Mungkin setelah lebaran kita akan rapat koordinasi lagi dengan instansi terkait lainnya,” kata Rusli.

Bangka Barat, khususnya Muntok menurut Rusli dapat dikembangkan di beberapa sektor, seperti perikanan, pariwisata dan juga heritage-nya. Sedangkan untuk Pelabuhan Sementara di Tanjung Kalian yang saat ini digunakan untuk bongkar muat gas elpiji pengusaha Muntok, Menkiong, pihaknya sedang mempelajari untuk pengembangannya ke depan.

” Saya kira ini menjadi cikal bakal nanti bagian penting di Bangka Barat. Ini kan baru ada semacam pemikiran ke depan untuk pengembangan khususnya Pelabuhan Tanjung Kalian ini. Nanti kita lihat lah potensinya seperti apa, masih kita coba untuk melakukan inovasi dan sebagainya,” jelasnya.

Sementara itu, Bupati Bangka Barat, H. Sukirman mengatakan, Pelabuhan Sementara di Tanjung Kalian akan dikemas sedemikian rupa agar bisa menambah Pendapatan Asli Daerah ( PAD ) Bangka Barat.

” Mudah – mudahan kunjungan beliau – beliau ini tidak cukup sampai disini, sebentar lagi akan kita tindaklanjuti, mungkin selepas lebaran. Karena ini kan ada beberapa, di sebelah ada ASDP, jadi nanti bagaimana bentuk kerjasamanya. Jangan sampai barang kita ada nganggur, semak di tengah kota kan,” tutup Sukirman. ( IBB/rls )

loading...

Check Also

Kodim 0431/Bangka Barat Bagikan BTPKLW kepada 1500 Orang

WARTABANGKA.COM, MUNTOK – Kodim 0431/Bangka Barat membagikan Bantuan Tunai Pedagang Kaki Lima dan Warung ( …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *