Kepala BPBD: Petugas Pemakaman Covid-19 Bangka Pakai APD Level 3

WARTABANGKA, SUNGAILIAT – Tim reaksi cepat yang bertugas memakamkan jenazah Covid-19 Kabupaten Bangka dipastikan memakai alat pelindung diri standar. APD yang digunakan adalah level 3. Artinya APD yang digunakan pada tim tersebut sudah lengkap dan sesuai standar.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bangka, Mohammad Nursi menjelaskan, pihaknya sudah berkoordinasi dengan rumah sakit dan APD yang digunakan petugas pemakaman Covid-19 tersebut sudah sesuai standar. Seperti sudah mengunakan helm, face shield, masker, baju hazmat hingga sepatu boot.

“Kalau di level satu, hanya memakai baju lengan panjang dan masker saja dan itu sudah dikatakan cukup. Karena risiko penularan Covid-19 sudah tidak ada,sebab mayat sudah dimandikan dan sudah dibungkus dengan beberapa lapisan bahkan dimasukan dalam peti,” kata Nursi kepada sejumlah wartawan di Posko Bersama Covid-19 Bangka, Senin (1/2).

Selain itu, anggota tim TRC pemakaman covid-19 Bangka ada 7 orang dan didalam kegiatannya dalam pemakaman jenazah covid-19 haruslah secara bergantian ataupun bergiliran, apalagi terkait nafas pada pemakaian masker saat mencangkul.

“Jadi APD yang digunakan tim saat pemakaman jenazah covid-19 dilapangan tersebut sudah standar. Dan sampai sekarang ini, petugas Kita pun aman dan tidak apa-apa,” ujar M.Nursi.

Hr, salah satu TRC BPBD Bangka yang bertugas memakamkan jenazah pasien Covid-19 mengakui jika APD yang digunakan tak sesuai standar. “Ya beginilah bang kondisinya. APD ini sejujurnya tak sesuai standar. Ini basah tembus karena keringat dan semprotan air disinfektan,” keluh Hr.

Hal serupa kata dia juga mengenai masker yang tidak sesuai standar. Saat memakamkan pasien, tim TRC kata dia kesulitan untuk bernafas. “Ngos-ngosan kami. Masker ini kita sangat perlu yang sesuai standar bang. Biar memudahkan untuk bernafas,” tambahnya.

Terkait APD, Hr menginginkan adalah APD yang dipakai tenaga medis di rumah sakit. Bukan APD yang tipis seperti yang dipakai saat ini. “Kalau APD nek (mau-red) yang biru.Dipakai tenaga medis,” ucapnya.(*/zen)

loading...

About nath

Check Also

Waspada Penipuan Bermodus Kupon Hadiah Mobil di Dalam Kemasan Mi Instan

WARTABANGKA, KOBA– Kapolres Bangka Tengah (Bateng), AKBP Slamet Ady Purnomo mengimbau warga untuk mewaspadai modus …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *