Ketua DPRD Babel Apresiasi Erzaldi Soal Tidak Adanya Penundaan TPP ASN

WARTABANGKA, PANGKALPINANG – Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Erzaldi Rosman memastikan tak ada penundaan pembayaran Tambahan Penghasilan (TPP) Pegawai bagi ASN di lingkungan Pemerintah Provinsi di tiga bulan terakhir Tahun 2021.

Dengan adanya kepastian tersebut, otomatis merubah rencana kebijakannya untuk menunda pembayaran tiga bulan TPP yakni mulai September, Oktober dan November yang semestinya dibayar pada bulan Oktober, November dan Desember, akan dibayarkan Desember tahun 2021.

Namun itu pun dengan mempertimbangkan kemampuan keuangan daerah.

Menanggapi hal itu, Ketua DPRD Babel Herman Suhadi kepada wartawan, Kamis (28/10) mengaku senang dengan kabar tersebut.

Sebab, menurut dia, TPP merupakan reward bagi para ASN yang dinilai sudah baik menjalankan tugasnya.

“Apalagi baru-baru ini kita kembali meraih opini WTP (Wajar Tanpa Pengecualian), keempat kalinya berturut-turut dari pemerintah pusat,” ujarnya.

Hanya saja ke depan, lanjut Herman, di Tahun 2022 mengharuskan TPP ini akan mengalami penurunan sesuai aturan pemerintah pusat, ia harap ASN Pemprov Babel dapat memakluminya.

“Itu sebuah konsekuensi ketika kemampuan keuangan daerah di great rendah akan ada pengurangan pendapatan. Termasuk di dewan. Kendati demikian, saya harap kinerja kita harus maksimal sampai keuangan kita membaik kembali dan mampu untuk membayar lebih para pegawai,” tuturnya

Sebelumnya, rencana kebijakan ini sesuai dengan Surat Edaran (SE) Nomor : 903/0453/Bakuda yang ditandatangani Gubernur Erzaldi pada Senin, 12 Juli 2021 lalu tentang penetapan pemberian TPP ASN pada bulan Juni 2021 dan semester kedua tahun anggaran 2021 di lingkungan Pemprov Babel.

Diakui Erzaldi, tak penundaan pembayaran TPP dan gaji ASN Pemprov Babel ini dikarenakan perhitungan kemampuan keuangan daerah, yang dilihat dengan adanya peningkatan PAD dari sektor pajak daerah.

“Intinya alokasi TPP dan gaji ASN aman. Jangan lagi ditanya kalau dicicil, itu urusan manajemen keuangan,” ujarnya.

Diketahui, SE tersebut berdasarkan surat Menteri Dalam Negeri RI Nomor 900/4141/Keuda tanggal 8 Juli 2021 hal TPP kepada ASN di lingkungan Pemerintah Daerah Semester Kedua Tahun Anggaran 2021 dan dengan mempertimbangkan surat Ketua DPRD Babel Nomor 900/459/DPRD tanggal 8 Juli 2020 perihal Penyampaian Hasil Keputusan Rapat Banggar DPRD Bersama TAPD Babel

Disampaikan dalam poin pertama, bahwa pemberian TPP ASN di lingkungan Pemprov Babel untuk bulan Juni Tahun 2021, tetap mempedomani Keputusan Gubernur Babel Nomor: 188 44/189/BAKUDA/2021 tentang Perubahan Atas Keputusan Gubernur Nomor: 188.44/88/BAKUDA/2021 Tentang Besaran TPP ASN Tahun Anggaran 2021.

Untuk TPP ASN di Pemprov Babel semester kedua sampai dengan Perubahan APBD Tahun Anggaran 2021, akan diberikan sebagaimana Keputusan Gubernur Babel pada angka satu serta akan dilaksanakan setelah adanya persetujuan dari Menteri Dalam Negeri RI sebagaimana maksud dalam surat Menteri Dalam Negeri tersebut di atas. (*/ryu)

loading...

Check Also

Resmikan Gedung UDD, Wagub Babel Harapkan Sinergi Semua Elemen Terjaga

WARTABANGKA, PANGKALPINANG – Wakil Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Wagub Babel) sekaligus Ketua Palang Merah Indonesia …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *