Komisi II Sambangi Kelompok Tani di Belinyu

WARTABANGKA, BELINYU – Tak Hanya dibidang pertanian, peternakan pun memiliki andil yang cukup besar dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Salah satunya peternakan sapi dalam mempercepat Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) menjadi swasembada daging sapi.

Ketua Komisi II DPRD Babel Adet Mastur didampingi Heryawandi, Jumat (18/6) turun kelapangan untuk meninjau dan memastikan secara langsung persiapan Kelompok Tani Gunung Asam Kelurahan Air Asam, Kecamatan Belinyu, Kabupaten Bangka, yang akan menerima bantuan sapi dan bibit pakan ternak.

Kehadiran Adet dan Heryawandi, langsung disambut Lurah Air Asam Agus Rafina dan Ketua kelompok Tani Gunung Asam Agus Laminto beserta anggota kelompok.

Dalam pertemuan tersebut, Adet Mastur mengatakan, untuk memastikan kesiapan dan kejelasan para kelompok tani yang akan menerima bantuan sapi dan bibit rumput pakan ternak, sehingga kelompok tani yang menerima bantuan tidak ada yang fiktif.

“Tahun ini ada bantuan dari pemerintah provinsi kepada kelompok tani yaitu 10 ekor sapi betina dan 1.250 polibek bibit rumput gajah sebagai pakan sapi,” jelas Adet.

Ia berharap, dengan adanya bantuan tersebut agar dapat dikelola dengan sebaiknya, sehingga dapat menumbuh kembangkan ternak sapi.

Sehingga, kebutuhan daging sapi disaat Idul fitri dan Idul Adha di Babel dapat terpenuhi.

“Kita kan ingin sapi di Babel ini tumbuh berkembang, dari 10 menjadi 20, 20 menjadi 40. Nanti cita-cita Bangka Belitung ini menjadi provinsi swasembada daging itu betul-betul terkabulkan, lewat bantuan dan para petani-petani ini,” harapnya.

Diketahui, Kelompok Tani Hutan Gunung Asam Belinyu memanfaatkan lahan eks tambang dan terus berusaha mengelola lahan tersebut dengan menabur bibit ikan Nila, Tomang dan Gurami.

Tak hanya itu, tampak disekeliling lahan eks tambang tersebut ditanami pohon kelapa sawit.
Selain itu, telah tersedianya kandang sapi, rumah bibit dan tempat menaruh pupuk beserta peralatan pertanian.

“Bagi yang berhasil maka akan kami kasih Reward, tapi bagi yang tidak berhasil dengan berbagai macam alasan maka akan kami kasih Punishment, Punismentnya tidak dapat lagi bantuan,” tegas Adet.

Sementara itu Ketua Kelompok Tani Gunung Asam, Agus Laminto menjelaskan, Kelompok Tani Gunung Asam beranggotakan 10 anggota. Pihaknya juga menghaturkan terima kasih atas perhatian dan kunjungan Komisi II DPRD.

“Kawasan hutan yang kami kelola ini kan lahan eks tambang, bukan tanah bagus jadi butuh kompos. Jadi, nanti dari hasil kotoran ternak itu bisa kami buat kompos,” tukasnya. (*/rls)

loading...

Check Also

Banyak Sekolah Swasta Tutup karena Kurang Siswa, Ini Kata Sekretaris Komisi I DPRD Babel

WARTABANGKA, PANGKALPINANG– Sekretaris Komisi I DPRD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Yusderahman menyebutkan banyak sekolah …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *