KPU Bangka Barat Gelar Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Penghitungan Suara Pilkada 2020

WARTABANGKA, MUNTOK – KPU Bangka Barat menggelar Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Hasil Pemungutan dan Penghitungan Suara Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Bangka Barat tahun 2020 Tingkat Kabupaten di Hotel KWP and Resto, Jalan Raya Peltim, Muntok, Rabu (16/12).

Rapat pleno dibuka langsung Ketua KPU Bangka Barat, Pardi. Turut hadir komisioner KPU, perwakilan Forkopimda, Bawaslu Provinsi Babel dan Bangka Barat, PPK, para saksi tiga paslon peserta pilkada serta tamu undangan lainnya.

Pardi dalam sambutannya mengatakan rapat pleno ini merupakan rekapitulasi final dari semua tahapan yang telah dilakukan, tapi bukan penetapan calon terpilih atau pemenang pilkada.

“Hari ini bukan lah penetapan calon terpilih, tetapi adalah rekapitulasi akhir perhitungan suara yang telah kita lakukan mulai saat pemungutan tanggal 9 Desember sampai tahap rekapitulasi tingkat kecamatan. Penetapan calon terpilih itu nanti setelah menunggu Mahkamah Konstitusi (MK). Kita ikuti aturan hukumnya, sesuai dengan aturan setiap paslon punya hak untuk mengajukan keberatan terhadap selisih hasil pemungutan suara,” jelasnya.

Ditegaskannya, yang dapat digugat paslon peserta pilkada di MK adalah selisih perhitungan suara, bukan pidana pemilu. Paslon dapat menggugat hal tersebut setelah penetapan hasil rekapitulasi di tingkat kabupaten.

“Jadi MK tidak membahas masalah pidana pemilu, tapi MK memeriksa hasil selisih perhitungan suara. Jadi selisih perhitungan suara yang dapat digugat, diberikan waktu selama tiga hari kerja setelah KPU menetapkan hasil rekapitulasi tingkat kabupaten,” ujarnya.

Pardi mengapresiasi semua pihak yang telah mendukung terselenggaranya pilkada yang aman dan kondusif di Bangka Barat, mulai dari pihak TNI/Polri, Bawaslu, PPK, PPS, KPPS dan Pemda Bangka Barat.

“Anggaran kita hanya 15,7 miliar. Tapi hari ini kita dapat melihat hasilnya. Kami ucapkan terima kasih kepada pemda yang telah mendukung baik anggaran, sarana dan prasarana sehingga tahapan pilkada dapat berjalan dengan baik,” tutupnya. (*/IBB/rls )

loading...

About nath

Check Also

Satu Pasien Positif Covid-19 Asal Muntok Meninggal Dunia

foto:vecteezy.com WARTABANGKA, MUNTOK – Satu pasien positif Covid-19 asal Muntok, Kabupaten Bangka Barat yakni Tuan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *