KPU Bangka Barat Musnahkan 918 Surat Suara Rusak

WARTABANGKA, MUNTOK -Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bangka Barat memusnahkan 918 surat suara Pilkada 2020 yang rusak di halaman kantornya di Jalan Jenderal Sudirman, Selasa (8/12). Pemusnahan surat suara ini dilakukan dengan cara dibakar.

Menurut Ketua KPU Bangka Barat, Pardi, saat proses pengadaan itu jumlah surat suara yang dikirimkan ke KPU Kabupaten Bangka Barat berjumlah 139.978 lembar, termasuk 2000 surat suara PSU (Pemungutan Suara Ulang).

“Jadi kalau dikurang itu kita hanya ada 137.978 hanya yang ada ini dan sisanya ini ada sekitar 918. Jadi hasil sortir dan sudah dilakukan pengecekan 3 kali malahan sortir nya maka ini kita anggap kategorinya rusak. Yang rusak ini hari ini akan kita musnahkan,” ujar Pardi.

Lanjut, dikatakan Pardi, KPU sudah tidak ada lagi menyimpan. Apabila di hari pencoblosan, salah satu TPS kekurangan surat suara maka TPS tersebut bisa mengambil surat suara di TPS yang ada disekitarnya.

” Itu saja solusi nya udah gak ada lagi karena kita tidak ada cadangan. Cadangan surat suara biasanya orang tipe sini kurang kita nganter nggak ada. Jadi silakan Bawaslu untuk memastikan kami tidak akan mengantarkan lagi surat suara dari KPU kalaupun ada nanti TPS yang kekurangan maka kami akan penuhi sesuai dengan aturan dari TPS yang terdekat, “ujarnya.

“Harapannya kalau dia tidak tergunakan 100 persen, kalau tergunakan 100 persen habis. Cadangan masih ada 2, 5 persen masih ada dua setengah persen sekitar 3000-an dari 134 ke 137,” tutup Pardi. ( IBB )

loading...

About nath

Check Also

Satu Pasien Positif Covid-19 Asal Muntok Meninggal Dunia

foto:vecteezy.com WARTABANGKA, MUNTOK – Satu pasien positif Covid-19 asal Muntok, Kabupaten Bangka Barat yakni Tuan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *