KPU Bangka Tengah Update Data Pemilih Per Triwulan

WARTABANGKA, KOBA – KPU Kabupaten Bangka Tengah tetap melakukan pemutakhiran atau update data pemilih pasca digelarnya Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) beberapa waktu lalu.

“Tahapan Pilkada Bateng tahun 2020 telah berakhir. Kendati demikian, kami tetap melaksanakan kegiatan rutin update data pemilih per triwulan,” ungkap Ketua KPU Bangka Tengah, Rusdi, Senin (8/2).

Rusdi mengaku saat ini pihaknya telah melakukan pembongkaran kotak suara dan mengambil C1 daftar hadir pemilih tambahan. Kemudian, katanya, akan dihitung dan diinvetarisir sesuai data Daftar Pemilih Tetap (DPT).

“Kalau sudah ada dalam DPT, tidak kami input. Karena yang kami input hanya pemilih tambahan yang tidak ada dalam DPT. Kami update langsung ke Aplikasi KPU RI, sebagai dasar pemilihan umum mendatang,” ungkapnya.

Agar update data pemilih berjalan lancar, Rusdi menyebut pihaknya juga segera berkoordinasi dengan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dindukcapil). Sinkronisasi data seperti pemilih pemula dan purnawirawan TNI/Polri juga harus diupdate.

“Update 3 per triwulan ini juga akan kita plenokan,” ulasnya.

Rusdi berharap ke depan pihak terkait termasuk masyarakat proaktif memberikan informasi penambahan data pemilih. Kedepan jangan sampai ada masyarakat yang tidak terdaftar di DPT.

“Alhamdulillah partisipasi pemilih Pilkada Bateng mencapai 77,85 persen, melampaui target. Kedepan kami tingkatkan lagi partisipasinya,” pungkas Rusdi (RN)

loading...

About nath

Check Also

Perda Adaptasi Kebiasaan Baru Segera Diterapkan, Herman Minta Masyarakat Patuhi Prokes

WARTABANGKA, PANGKALPINANG – Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Pemprov Babel) bakal segera menerapkan Perda tentang …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *