KPU Izinkan Peserta Pilkada Gelar Konser di Tengah Pandemi, Ini Tanggapan Ketua Bawaslu Babel

WARTABANGKA, PANGKALPINANG – Ketua Bawaslu Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Edi Irawan mempersilahkan para kandidat Pilkada Serentak 2020 menggelar konser maupun bazar dalam rangka kampanye di tengah pandemi Covid-19.

“Kalaupun aturannya seperti itu, memperbolehkan, pada prinsipnya bagi kami Bawaslu, silahkan saja untuk melakukan itu,” kata Edi kepada wartawan, Rabu (16/9).

Dia menekankan, perlu adanya pemahaman bersama terkait Pasal 63 ayat (1) PKPU Nomor 10 tahun 2020 yang mengatur tentang metode kampanye.

“Baik itu dari pihak penyelenggara, KPU, Bawaslu, pasangan calon (paslon), tim sukses, dan aparat keamanan di dalam menindaklanjuti setiap metode kampanye yang akan dilakukan oleh paslon,” jelasnya.

“Secara teknis memang juga sudah disebutkan aturannya seperti apa, metode yang diperbolehkan, jumlah orang yang hadir di dalam momen kegiatan itu,” tambahnya.

Dalam posisi ini, ia hanya dapat mengimbau agar paslon beserta dengan tim suksesnya yang hadir dalam kegiatan konser atau bazar tetap mematuhi protokol kesehatan.

“Yang pertama, dalam rangka kita untuk meminimalisir terjangkitnya wabah virus corona ini, kemudian yang kedua, antarsesama lembaga penyelenggara, pihak keamanan agar berkoordinasi dengan stakeholder yang lain, dalam hal ini, termasuk pemerintah daerah,” terangnya.

“Karena pemerintah daerah juga bertanggung jawab terhadap kondusifitas daerahnya, artinya dalam koordinasi ini, setidaknya ada hal-hal yang perlu dibicarakan bersama,” tandasnya. (*/DEI)

loading...

About nath

Check Also

Isak Tangis Warnai Kedatangan Jenazah Rosi dan Riski

WARTABANGKA, PANGKALPINANG – Isak tangis mengiringi kedatangan jenazah Rosi Wahyuni dan Rizki Wahyudi, ibu dan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *