KPU Tetapkan DPT Pilkada Bangka Barat 2020 Sebanyak 134.414 Pemilih

WARTABANGKA, MUNTOK – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bangka Barat menetapkan Daftar Pemilih Tetap (DPT) untuk Pilkada 2020 sebanyak 134.414 orang. Rinciannya pemilih laki-laki sebanyak 69.114 orang dan pemilih perempuan 65.270 orang.

Divisi Perencana, Data dan Informasi KPU Bangka Barat, Henny Afriana, M. Si menjelaskan rekapitulasi DPT untuk desa sudah dilakukan dari tanggal 4 hingga 6 Oktober 2020. Lalu dilanjutkan ke tingkat kecamatan mulai tanggal 7 sampai 9 Oktober 2020.

“Nah yang dikita kan rank nya dari tanggal 9 sampai 16 Oktober. Nah hari ini setelah penetapan dari PPK di tingkat kecamatan yang lalu ada perubahan makanya hari ini sudah di fix kan dan ditetapkan di angka 134.414,” kata Henny kepada awak media di Kantor KPU Bangka Barat, Jumat ( 16/10).

Menurut dia, DPT ini nantinya bisa saja berubah misalnya ada warga yang meninggal dan juga ada pemilih baru. Pemilih baru ini banyak kategorinya seperti status dan lain.

“Pemilih baru kan banyak kategori mungkin sudah ada status atau apa jadi akan tetap berubah tapi tetap punya hak pilih kok kalau memang dia orang Bangka Barat. Contoh kalau peserta dilengkapi dengan dokumen mereka kan bisa memilih pada saat hari H setelah jam 12 sampai jam 1 sebagai pemilih daftar pemilih tambahan,” jelasnya.

Henny melanjutkan banyak variabel yang menyebabkan perubahan data DPT seperti status perekaman, perceraian atau yang lainnya. Meski begitu, pemilih tersebut masih bisa memiliki hak pilih, hanya saja keterangan status nya yang berubah.

Begitu pula sebaliknya, bila ada kesalahan pada penulisan jenis kelamin dalam pemindahan data dari laki-laki ke perempuan. Akan tetapi, data pemilih itu tetap dan angkanya tidak berubah.

“Pemilih baru nanti detail angkanya ada tapi kalau TMS itu tertuang disitu ubah data juga ada. Ubah data disitu banyak variabel yang menyebabkan ubah data, status perekaman ataupun yang cerai atau bisa yang berubah data misal kemarin status yang dibuat disitu laki-laki ternyata faktanya perempuan maksudnya kesitu tapi tidak berpengaruh ke angka,” pungkas Henny. (*/IBB )

loading...

Check Also

Manfaatkan Lahan Bekas Tambang PT Timah, Pengurus Masjid Darussalam Desa Pangek Miliki Kebun Sawit

WARTABANGKA, SIMPANGTERITIPā€“ PT Timah Tbk terus berkomitmen dalam menangani lahan bekas tambang di wilayah operasional …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *