Kurangi Belanja Pegawai, Erzaldi Potong TPP ASN

WARTABANGKA.COM, PANGKALPINANG – Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Erzaldi Roesman, mengumumkan akan memangkas tunjangan tambahan penghasilan pegawai (TPP) aparatur sipil negara (ASN) di lingkungan Pemprov Babel.

Pemotongan ini, untuk mengurangi belanja pegawai di Pemprov Babel yang menjadi sorotan Menteri Keuangan Indonesia, Sri Mulyani Indrawati, beberapa waktu lalu. Jika tidak, Pemprov Babel terancam mendapatkan sanksi.

“Pemotongan TPP ini keputusan terakhir dimana tidak ada lagi sumber dana yang bisa diefisiensikan, sebagaimana disampaikan Menkeu bahwa belanja pegawai tinggi dan mau tidak mau kita lakukan pemotongan,” ungkap Erzaldi, usai memberikan arahan kepada ASN dan pengukuhan pelantikan ASN di GOR Sahabuddin, Kamis (10/6).

“kalau nggak (digotong-red), pusat akan ambil kebijakan bisa saja penahanan transfer dau, kalau itu ditunda bisa nggak gajian kita, ” tambah dia.

Ia menyebutkan, sebetulnya saat ini belanja pegawai sudah rendah dibandingkan tahun-tahun sebelumnya, saat ini porsi belanja pegawai sudah dibawah belanja modal, berkisar 35 persen.

Disinggung persentase pemangkasan TPP, orang nomor satu di Babel ini menegaskan bahwa masih diperhitungkan oleh tim, dan secepatnya akan diberlakukan.

“Besarannya masih dihitung, saya minta yang paling besar dipotong itu eselon II, eselon I masih dihitung, yang paling kecil staf, ” sebutanya.

Dengan adanya pemangkasan ini, ia mewanti-wanti ASN untuk tetap bersyukur dan bekerja maksimal.

“Kalau menjadi orang yang tidak bersyukur pasti berimbas pada kinerja, tapi apakah mau kota tergolong dalam orang-orang yang tidak bersyukur, jumlah ini jauh lebih besar dibandingkan dulu, dulu 1/3 dari sekarang, jadi harus bersyukur, ” tegasnya.

Ia mengajak ASN untuk berdoa dan bekerja maksimal, dan berharap nantinya TPP ini bisa kembali naik, jika pendanaan sudah maksimal dan tidak terkendala.

Hasil dari pemangkasan TPP ini, akan dialihkan untuk belanja modal dan lainnya yang lebih bermanfaat apalagi di tengah pandemi COVID-19. (two)

loading...

Check Also

PT Timah Bersama Masyarakat Tanam 2000 Pohon Bakau di Kawasan Teluk Rubiah

WARTABANGKA.COM, MUNTOK – Divisi CSR PT Timah Tbk, Unit Metalurgi Muntok serta masyarakat Kampung Teluk …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *