Lima Calon Magang di Jepang Harap-harap Cemas Tunggu Hasil MCU

WARTABANGKA, PANGKALPINANG – Setelah mengikuti serangkaian seleksi dari 151 peserta tersisa lima peserta yang masih harap-harap cemas menunggu pemeriksaan Medical Check-Up untuk diikutsertakan dalam program magang kerja di Taiwan, kerjasama dengan Kementerian Tenaga Kerja.

“Dari 151 peserta yang daftar, kemudian ikut seleksi wawancara, tes matematika, samaptaan dan tes fisik, tersisa empat peserta laki-laki dan satu perempuan,” kata Kepala Dinas Tenaga Kerja Babel, Elfiyena, Jumat (10/12).

Kelima peserta ini akan mengikuti MCU di RSUP Air Anyir, meskipun ada beberapa tes yang tidak ada di RSUP tetapi pihak RSUP menyanggupi untuk memfasilitasi pemeriksaan kesehatan tersebut.

“Alhamdulillah dari lima ini ternyata pas kebetulan mewakili masing-masing kabupaten di Pulau Bangka, untuk peserta dari Belitung tidak lolos beberapa tes yang telah dijalani,” terangnya.

Elfi berharap, peserta yang lolos ini bisa ikut magang di Jepang selama tiga tahun. Sebelum diterbangkan ke Jepang, peserta terlebih dahulu dibekali kemampuan bahasa dan training di Kemenaker.

“Untuk pelatihan bahasa akan kota bantu setelah mereka dinyatakan lolos seleksi kesehatan ini, kemudian baru training di Kemenaker,” tambahnya.

Elfi berharap, ada sembilan peserta lain yang pada tes fisik masih kurang memenuhi standar yang disarankan untuk ikut seleksi di Provinsi Sumsel, ia pun berharap sembilan peserta ini bisa berhasil.

“Ini kesempatan emas yang kita tangkap, peluang ini tidak datang dua kali. Mereka yang berangkat kesana otomatis dapat meningkatkan kemampuan, wawancara dan tentu saja ekonomi,” ulasnya.

Selama di Jepang, peserta akan mendapatkan gaji yang cukup besar. Tak hanya itu, sekembali dari Jepang diberikan tambahan modal usaha sebesar Rp60 juta. (two/*)

loading...

Check Also

Tahun 2022, Babel Peroleh Dana Desa Rp274,4 Miliar

WARTABANGKA, PANGKALPINANG -Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) pada tahun 2022 menerima dana desa sebesar Rp274.419.601.000,00. …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *