Masalah Irigasi Jadi Penyebab Lahan Pertanian di Batu Betumpang Tidak Produktif

WARTABANGKA, PULAUBESAR – Wakil Ketua DPRD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, M. Amin bersama Komisi II dan Komisi III melakukan kunjungan kerja (kunker) ke Desa Batu Betumpang, Kecamatan Pulau Besar, Kabupaten Bangka Selatan dalam rangka pembahasan mengenai ketahanan pangan.

“Dalam rangka mensiasati dan mencari solusi terhadap ketahanan pangan Bangka Belitung, dan memang Bangka Selatan dicanangkan dari dulu sebagai lumbung pangan  Provinsi Bangka Belitung,” kata M. Amin kepada wartawan di Desa Batu Betumpang, Rabu (22/09/2021).

Amin menjelaskan, pencanangan Kabupaten Bangka Selatan sebagai lumbung pangan berdasarkan pada luas lahan pertanian yang dimiliki oleh daerah itu, yakni sebesar 60 persen dari total lahan yang ada di Provinsi Babel.

“Dalam pertemuan itu, kami membahas bersama kepala desa, kelompok tani, pengguna pintu air, dan kepala dinas terkait dari provinsi dan kabupaten, mencari solusi supaya lahan-lahan yang hari ini belum produktif, kedepan kita harapkan lebih produktif lagi,” ujarnya.

Dari hasil pertemuan dalam rapat koordinasi tersebut, diutarakan dia, ditemukan permasalan dari belum produktifnya sejumlah lahan di Desa Betumpang, yakni disebabkan oleh irigasi yang tidak berfungsi dengan baik.

“Kadang air mengenang sawah, kadang juga tidak ada air di sawah, dan ketika irigasi kurang optimal, kandungan air menjadi asam sehingga mempengaruhi tumbuhnya padi atau bisa saja mati gagal panen,” terangnya.

Menyikapi permasalahan itu, menurut dia, harus ada sinkronisasi antara petani, pemerintah desa, dan seluruh stakeholder terkait untuk membangun dan memperbaiki saluran irigasi yang tidak berfungsi dengan baik.

“Kita berharap setiap kegiatan yang dilakukan oleh SDA Provinsi karena ini menjadi kewenangan mereka dalam sisi irigasi karena luasan lahan yang sudah diatas seribu hektare. apapun  bentuk kegiatan dari SDA balai bisa melibatkan pemerintah desa dan seluruh komponen yang terkait,” harapnya. (DEI)

loading...

Check Also

Kepala Perangkat Daerah Laporkan Serapan Dana Dekonsentrasi TA 2021

WARTABANGKA.COM, PANGKALPINANG– Dalam rangka mendorong percepatan penyerapan penggunaan dana Dekonsentrasi Tahun Anggaran 2021, Pemerintah Provinsi …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *