Mau Santai dan Menikmati Kopi Asli Petani Babel, Geddong Kopi Tempatnya

WARTABANGKA, PANGKALPINANG – Di kawasan Taman UMKM Kompleks Perkantoran Pemerintah Provinsi Bangka Belitung (Pemprov Babel), Air Itam, Pangkalpinang kini ada tempat untuk bersantai dan nongkrong yang asyik sembari menikmati seduhan kopi. Gerai ini diberi nama Geddong Kopi.

Owner Geddong Kopi, M. Syarif Hidayatullah, mengatakan, gerai kopi ini merupakan unit usaha dari Forum Masyarakat Petani (Formap) yang menjual hasil pertanian petani yang tergabung dalam forum tersebut.

“Awalnya kami kesulitan tempat untuk memperkenalkan hasil pertanian petani yang tergabung dalam Formap ini, kemudian ditawarkan oleh pak gubernur, bahwa pemprov siap memfasilitasi, akhirnya kami dibantu tempat di taman UMKM ini, ” jelasnya, Rabu (17/2).

Di Geddong Kopi ini, menyediakan kopi asli Babel, gula aren, jahe merah halus dicampurkan dengan minuman kekinian, termasuk juga beberapa jus buah yang produk utamanya dihasilkan dari petani Formap.

Selain minuman, di gerai ini juga tersedia berbagai jenis makanan ringan dan cemilan, produk UMKM Babel.

Di taman UMKM ini, selain dihiasai spot foto yang menarik, juga ditanami barang kopi. Hal ini dimaksudkan, untuk memperkenalkan produk-produk pertanian Babel.

“Untuk kopi, kita ada kopi robusta, dan arabika. Selain kopi yang diseduh, ada juga kopi bubuk yang bisa dibeli oleh konsumen,” katanya.

Geddong sendiri, sebutannya, diambil dari nama lokasi di salah satu desa di Provinsi Babel, yakni Simpang Gedong.

Hasil dari penjualan di Geddong Kopi ini, juga akan disisihkan untuk membantu pemberdayaan petani yang bernaung dibawah Formap Babel.

Sementara, Kadis Koperasi dan UKM (DKUKM) Pemprov Babel, Elfiyena menyebutkan, pihaknya mendorong UMKM untuk naik kelas dan berkembang, salah satunya dengan fasilitasi pelaku UMKM untuk meningkatkan usahanya.

“Geddong Kopi ini salah satu UMKM Babel, mereka ada petani yang tergabung dalam Formap, disini juga yang dijual adalah produk pertanian dari petani dan pelaku UMKM, ” sebutnya.

Ia berharap, taman UMKM ini bisa menjadi salah satu tempat nongkrong di lingkungan perkantoran. (*/two)

loading...

About nath

Check Also

Kapolres Bangka Tengah Jadi Korban Hacker, Akun WhatsApp Sempat Diretas

WARTABANGKA, KOBA – Akun WhatsApp (WA) milik Kapolres Bangka Tengah, AKBP Slamet Ady Purnomo sempat dibajak …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *