Mulkan Minta Aktivitas Penambangan di Lahan Milik Daerah Dihentikan

WARTABANGKA.COM, SUNGAILIAT – Bupati Bangka, Mulkan melakukan inspeksi mendadak terhadap penambangan biji timah tanpa izin di lahan pemerintah daerah di Desa Air Ruay, Kamis (19/8).

Mulkan lantas meminta agar aktivitas tersebut segera dihentikan karena melanggar ketentuan yang berlaku. “Saya minta aktivitas penambangan biji timah di area milik pemerintah daerah dapat dihentikan karena melanggar ketentuan hukum yang berlaku,” tegas Mulkan.

Mulkan mengatakan, pihaknya tidak melarang masyarakat beraktivitas melakukan penambangan biji timah asalkan kegiatannya tersebut dilengkapi dokumen izin yang sah.

Menurutnya, lahan tersebut direncanakan untuk pengembangan terminal dan rumah susun sederhana sewa (rusunawa) dan pertokoan.

Dia meminta kepada satuan polisi pamong praja memperketat pengawasan aset milik pemerintah daerah agar terjaga dari dugaan ancaman kerusakan.

Sementara, Kapolsek Pemali IPDA Reza mencatat kurang lebih terdapat 50 unit mesin penambangan biji timah ilegal di atas lahan milik pemerintah daerah.

“Kami sudah minta keterangan salah satu pengumpul biji timah dan yang bersangkutan mengakui biji timah berasal dari aktivitas penambangan di lahan milik pemerintah daerah,” jelasnya.

Dia menyakinkan, kegiatan penambangan biji timah ilegal di atas lahan daerah oleh sejumlah masyarakat tidak ada beking dari pihaknya maupun dari pemerintah kecamatan dan desa. (zen)

loading...

Check Also

Peringati HUT ke-66 Lalu Lintas Bhayangkara, Sat Lantas Polres Bangka Barat Gelar Syukuran

WARTABANGKA, MUNTOK – Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Bangka Barat melaksanakan kegiatan syukuran memperingati Hari …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *