Pam TPS Punya Tugas Tambahan Saat Pilkada 2020

WARTABANGKA, MUNTOK – Koordinator Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM KPU Bangka Barat, Yulizar menyebutkan petugas Pengamanan Tempat Pemungutan Suara (Pam TPS) mempunyai tugas tambahan saat hari pemungutan suara Pilkada 2020. Tugas tersebut yakni memastikan para pemilih mematuhi protokol kesehatan di TPS.

“Jadi salah satu tugas mereka mengukur suhu tubuh pemilih dengan thermogun. Kemudian seandainya ada pemilih yang tidak pakai masker mereka sampaikan harus memakai masker. Mereka juga mengingatkan pemilih yang lupa cuci tangan akan disuruh cuci tangan dulu, disediakan tempat cuci tangan,” jelas Yulizar saat konferensi pers di Cafe Pal 2 Muntok, Sabtu (5/12).

Yulizar melanjutkan apabila ada pemilih pada saat dicek suhu tubuhnya mencapai diatas 37,3 derajat, maka pemilih tersebut akan mencoblos di bilik khusus yang telah disediakan KPU. “Mudah-mudahan nggak ada ya,” harap Yulizar.

Dia menyebutkan Pam TPS juga mempunyai tugas untuk menyampaikan kepada pemilih untuk tetap jaga jarak antara satu sama lain.

“Ini lah tugas Pam TPS, kemarin sudah dibimtek, salah satu upaya kita, mudah – mudahan aman, prokes harus kita ketatkan agar sesuai juknis Prokes yang ada di TPS,” ujar Yulizar.

Selain itu, dia menambahkan untuk bimtek KPPS sudah selesai dilaksanakan dan tinggal menunggu beberapa desa lagi yang masih melaksanakan bimtek prokes Pam TPS.

“Tapi pada dasarnya hari ini (Sabtu-red), Insyaallah sudah kelar. Jadi nanti mereka sudah bisa melalukan tugas. Kemudian mereka juga dipengaruhi dengan masker, mereka juga kita fasilitasi dengan baju seragam Pam TPS dan KPPS, biar keliatan enak dan kompak. Kami juga sampai besok akan melakukan sosialisasi,” tutup Yulizar. (*/IBB )

loading...

About nath

Check Also

KPU Bateng Segera Tetapkan Algafry-Erfian Jadi Bupati dan Wakil Bupati Terpilih

WARTABANGKA, KOBA – Bangka Tengah (Bateng) tidak masuk dalam daftar perkara perselisihan hasil Pemilihan Gubernur …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *