Pemkab Babar Salurkan Dana Hibah Sebesar Rp500 Juta

WARTABANGKA, MUNTOK -Pemerintah Kabupaten Bangka Barat (Babar) menyalurkan dana hibah sebesar Rp500 juta kepada penerima di Ruang OR I Setda Babar, Selasa (22/9).

Dana hibah ini disalurkan kepada PD Muhammadiyah, Dewan Masjid Indonesia Kabupaten Bangka Barat, Masjid Shirotol Mustaqim, Rumah Tinggal Pandita Vhihara Budha Maitreya, Masjid Ar-Rahman, dan Yayasan Camri Al Barokah.

Plt Kabag Sosial dan Kemasyarakatan, Agus Sunawan mengatakan total dana hibah yang disalurkan hari ini sebesar Rp 500 juta dan berasal dari APBD. Dia merinci PD Muhammadiyah mendapatkan Rp100 juta, Dewan Masjid Indonesia Babar Rp100 juta dan Yayasan Masjid Sirothol Mustaqim Kecamatan Kelapa Rp100 juta.

“Kemudian Vihara Budha Maitreya kecamatan Simpang Teritip sebesar Rp100 juta, Masjid Ar-Rahman Pal 4 muntok dan Yayasan Camri Al Barokah di pal 3 sebesar Rp 50 juta. Jadi total Rp 500juta,” ungkap Agus kepada wartawan media usai audiensi dengan bupati terkait anggaran dana hibah perubahan dan mendahului, Selasa (22/9).

Menurut dia, selama ini setiap tahun Kabupaten Bangka Barat melalui bagian sosial dan kemasyarakatan mengalokasikan untuk pengelolaan dana hibah kepada ormas dan rumah ibadah. “Jadi ormas dan rumah ibadah itu di leading sectornya di bagian sosial dan kemasyarakatan,” ujar Agus.

Selain itu, Agus menambahkan, ada beberapa aturan terkait ormas bahwa setiap tahunnya ormas tersebut ada yang menerima dana hibah dan ada juga yang tidak.


“Contoh MUI itu bisa menerima setiap tahun karena aturan memang ada di dalam undang-undang, Baznas bisa dewan masjid itu tidak setiap tahun, dua tahun sekali, terus PD muhammadiyah sama kaya NU mereka aturannya masuk dalam kategori ormas jadi menerimanya tidak setiap tahun,” jelas Agus.

Untuk itu, Agus berharap bantuan yang diberikan Pemkab Babar sesuai dengan arahan bupati bisa dimanfaatkan semaksimal mungkin untuk kegiatan ormas dan kegiatan menunjang sarana ibadah yang ada di daerah itu.

“Makanya bupati menekankan tidak hanya, mohon maaf bukan masjid saja tetapi seluruh rumah ibadah gereja ada gereja ada beberapa yang mendapatkan, kurang lebih seperti itu,” tukas Agus. (*/IBB )

loading...

About nath

Check Also

Jenazah Yulian Andhika Disambut Isak Tangis Keluarga, Diberi Penghormatan Rekan Satu Profesi

WARTABANGKA, SUNGAILIAT – Jenazah pramugara Sriwijaya Air SJ-182 Yulian Andhika yang tiba di Sungailiat, Kabupaten …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *