Pemkab Bangka Imbau Masyarakat Lakukan Imunisasi Kesehatan

WARTABANGKA, SUNGAILIAT -Pemerintah Kabupaten Bangka mengimbau masyarakat melaksanakan Outbreak Response Imunization (ORI) atau imunisasi kesehatan guna meningkatkan kekebalan tubuh anak sejak dini. Hal ini disampaikan Bupati Bangka, Mulkan saat pelaksanaan imunisasi ORI di Desa Kota Kapur, Kecamatan Mendo Barat, Senin (18/1).

Mulkan mengatakan terjadi penurunan animo masyarakat di Desa Kota Kapur untuk melakukan imunisasi. Berdasar data, pelaksanaan ORI tahap pertama yang dilaksanakan 11 Agustus 2020, dari 364 sasaran imunisasi hanya hadir 302 orang atau tercapai 82,7 persen, sedangkan selebihnya 62 orang tidak hadir. Angka tersebut tidak mencapai jumlah yang ditargetkan yakni 85 persen.

“Untuk tahap kedua yang dilaksanakan 15 September 2020, animo masyarakat turun drastis dari 364 sasaran hanya hadir 233 orang atau sekitar 64 persen. Yaitu sebanyak 131 orang yang tidak hadir, sehingga kita hanya mencapai enam puluh empat koma nol satu persen, berarti turun sangat drastis,” kata Mulkan, Senin (18/1).

ORI yang merupakan kegiatan imunisasi secara massal sebagai upaya memutuskan  transmisi penularan penyakit difteri pada anak usia 1 tahun sampai dengan 19 tahun yang tinggal di daerah kejadian luar biasa (KLB).

ORI bertujuan meningkatkan kekebalan masyarakat dengan menutup immunity gap sehingga diharapkan dapat memutus mata rantai penularan dari bakteri corynebacterium diphteriae.

Untuk itu, Bupati Bangka meminta masyarakat mendukung upaya pemerintah melalui program ORI dalam menjaga kesehatan anak-anak terutama di Desa Kota Kapur.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bangka Then Suyanti mengatakan untuk Kabupaten Bangka fokus pelaksanaan imunisasi ORI Difteri di Desa Kota Kapur, yang sudah dilaksanakan 3 tahap, terakhir 18 Januari 2021.

“Karena ada kasus kematian Difteri di Desa Kota Kapur tahun lalu, 1 orang,” jawab Then.(*/zen)

loading...

Check Also

PT Timah Serahkan Bantuan Seperangkat Alat Musik bagi Komunitas Musik Ethnic

WARTABANGKA, BANGKA – Alunan musik melayu menggema saat memasuki kawasan Qping Cafe Belinyu, Kamis (14/10). …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *