Pemkab Bangka Tengah Gelar Acara Puncak Peringatan Hari Guru Nasional

WARTABANGKA, KOBA– Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah menggelar acara puncak peringatan Hari Guru Nasional 2020 di Gedung Serbaguna Selawang Segantang, Kota Koba, Rabu (25/11). Sebelumnya pada rangkaian peringatan hari guru digelar seminar daring oleh dinas pendidikan.

Dalam sambutannya, Plt Bupati Bangka Tengah, Yuliyanto Satin, S.E M.M mengatakan pandemi Covid-19 telah membawa perubahan besar bagi pelaksanaan kegiatan belajar mengajar di sekolah.

“Secara tak langsung, kondisi ini memaksa mengalihkan proses belajar dari tatap muka menjadi tatap maya. Hal ini dilakukan supaya kita bisa menjaga diri dari potensi terkena virus sekaligus memutus rantai penularannya,” ucap Yuliyanto.

Lebih lanjut ia menuturkan, meskipun tidak mudah tetap harus segera dilakukan beberapa langkah adaptasi supaya persiapan generasi emas Indonesia tidak mengalami kendala yang berarti.

“Kami mengapresiasi setinggi-tingginya kepada semua guru, tenaga kependidikan, pemerintah daerah, pemangku kepentingan pendidikan yang telah menciptakan perubahan dan inovasi yang sangat luar biasa. Saya yakin, kita bisa bersama-sama memajukan pendidikan di Bangka Tengah. Selamat Hari Guru Nasional bagi seluruh guru di seluruh Kabupaten Bangka Tengah,” tutup Yuliyanto.

Sementara itu, Drs Iskandar selaku Kepala Dinas Pendidikan Bangka Tengah dalam paparannya mengatakan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) telah melakukan berbagai penyesuaian pembelajaran selama masa pandemi ini.

“Penyesuaian ini tertuang dalam Surat Edaran Nomor 2 Tahun 2020 tentang Pencegahan dan Penanganan Covid-19 di Lingkungan Kemendikbud dan Surat Edaran Nomor 3 Tahun 2020 tentang Pencegahan Covid-19 pada Satuan Pendidikan,” jelas Iskandar.

Terkait hal itu Dinas Pendidikan telah menerbitkan Surat Edaran Nomor : 800/1402/DINDIK/2020 tanggal 17 Maret 2020 tentang Pelaksanaan Pembelajaran Dalam Jaringan (daring).

“Dinas pendidikan gencar sosialisasi melalui sarana media sosial serta bekerjasama dengan influencer lokal yakni akun YouTube Begagit TV, guna menyosialisasikan dan mengedukasi masyarakat dalam pencegahan penyebaran Covid-19 terutama anak-anak selama program belajar di rumah,” terangnya.

Selain itu, para kepala sekolah diminta mengalokasikan dana BOS APBN sesuai Surat Edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayan RI Nomor: 04 Tahun 2020 tanggal 24 Maret 2020 tentang Pelaksanaan Pendidikan dalam Masa Darurat Corona Virus Disease(Covid-19), untuk kebutuhan penyelenggaraan pembelajaran daring seperti penyediaan kuota internet bagi guru dan operator sekolah.

“Aplikasi kehadiran guru dan tenaga kependidikan (Asik GTK) merupakan salah satu solusi agar pelaksanaan pembelajaran dari rumah dapat dipantau dan dikendalikan. Ini juga merupakan inovasi yang dilakukan oleh Dinas Pendidikan Bateng,” tuturnya.

Iskandar melanjutkan, pihaknya sedang mempersiapkan segala sarana pendukung dalam pencegahan penyebaran Covid-19 di satuan pendidikan sehingga pada waktunya mendapatkan izin penyelenggaraan proses belajar mengajar tatap muka, satuan pendidikan telah siap.

Acara dimeriahkan oleh penampilan menyanyi solo dari siswi SMPN 1 Koba, penampilan tari tradisional dari SMPN 6 Sungai Selan dan diakhiri penyerahan penghargaan oleh Plt bupati didampingi sekda dan kepala dinas pendidikan.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Sekretaris Daera, Ketua DPRD, Kepala Kantor Kemenag, Kepala BKPSDMD, Ketua Himpaudi dan Tenaga Pendidik tingkat PAUD/SD/SMP se-Kabupaten Bangka Tengah. (*/ADV/ Diskominfosta)

loading...

Check Also

Kepala Perangkat Daerah Laporkan Serapan Dana Dekonsentrasi TA 2021

WARTABANGKA.COM, PANGKALPINANG– Dalam rangka mendorong percepatan penyerapan penggunaan dana Dekonsentrasi Tahun Anggaran 2021, Pemerintah Provinsi …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *